11 Desa Ikuti Pelatihan Siskeudes

112
David Zulkarnain – Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Desa Bangunan, Kecamatan Palas, Rabu (10/7).

PALAS – Sebanyak sebelas desa di Kecamatan Palas menggelar pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) serentak, Rabu (9/7). Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya percepatan pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2019.

          Camat Palas Rika Wati S.STP, MM mengatakan, pelatihan serentak siskeudes dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan ini diikuti oleh sebelas desa. Sebelas desa tersebut antara lain, Desa Sukaraja, Sukabakti, Sukamulya, Pematangbaru, Tanjungsari, Bangunan, Palasaji, Palaspasemah, Bandanhurip, Pulautengah, dan Desa Pulaujaya.

          “Pelatihan siskeudes yang diikuti  11 desa dan digelar lima  lokasi. Pelatihan sebagai upaya untuk mempercepat penginputan rencana pembangunan hingga laporan kedalam siskeudes yang menjadi persayaratan pencairan DD tahap kedua,” kata Rika kepada Radar Lamsel, saat menghadiri pelatihan Siskeudes di Desa Bangunan.

BACA :  Puso di Palas Sasar 16 Hektar

          Dengan diadakannya pelatihan ini, Rika berharap pemerintah desa mempercapat pengajuan proposal pencaran DD tahap kedua tahun ini. “Harapan kami dengan adaya pelatihan ini pemerintah desa bisa segera melakukan pengajuan proposal pencairan DD tahap dua,” harapnya.

          Sementara itu, Kasi Pengelolaan Keuangan Desa, Dinas PMD Lampung Selatan M Iqbal Fuad yang memberikan materi dalam pelatihan tersebut menerangkan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada aparatur desa terkait pembaharuan sistem siskeudes.

          “Pelatihan ini untuk memberikan pehaman kepada perangkat desa tengtang pembaharuan sistem siskeudes. Pasalnya setiap tahunnya siskuedes ini selalu mengalami perubahan sistem,” terangnya.

BACA :  Parah, 500 Rumah di Palas Krisis Air

          Disisi lain, Iqbal juga berharap bagi desa yang sudah menyelesaikan laporan kegiatan tahap pertama diharapakan untuk segera menyusun proposal pencairan DD tahap kedua. Karena pada dasarnya, lanjutnya, jika mengikuti peraturan pencairan DD tahap kedua harus rampung akhir Juli.

          “Bagi yang sudah menyelesaikan laporan kegiatan tahap pertama dirapkan segera diiput kedalam siskeudes sehingga bisa mengajukan proposal pencairan. Untuk saat ini dari 256 desa di Lamsel, baru 60 desa yang mengajukan proposal pencairan ke Dinas PMD,” tutur Iqbal. (vid)

BAGIKAN