13 Kades di Palas Berakhir Masa Jabatannya

317
David Zukarnain – Kasi Pemerintahan Kecamatan Palas, Turhamun, S.E, MM pada saat menyeleksi berkas pengajuan Pjs kades, Kamis (7/2).

PALAS – Sebanyak 13 kepala desa (Kades) di Kecataman Palas akan segera berakhir masa jabatannya pada Februari – Maret mendatang. Untuk itu, pemerintah kecamatan setempat  telah membuka pendaftaran Pejabat Sementara (PJS) kepala desa.

          Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada Februari ini terdapat enam desa yang akan habis masa jabatan Kadesnya, antara lain, Desa Pulautengah, Kalirejo, Rejomulyo, Baliagung dan Desa Sukabakti dan Bumiasih.

          Sedangkan di bulan Maret terdapat tujuh desa yaitu, Desa Sukaraja, Sukamulya, Bumidaya, Tanjungjaya, Bumirestu, Tanjungsari, dan Desa Palasjaya.

          Kasi Pemerintahan Kecamatan Palas Turhamun, S.E, MM mengatakan, periode bulan Februari – Maret terdapat 13 desa yang akan habis masa jabatan kepala desa. Saat ini pihaknya telah membuka pendaftaran PJS kepala desa untuk 13 desa tersebut.

BACA :  Pak Polisi, Pencurian Marak Lagi di Kalirejo!!!

          “Ada 13 kepala desa yang akan segera berakhir masa jabatan. Kami juga sudah membuka pendaftaran Pjs kepala desa yang akan menggantikan jabatan kepala desa hingga ada pemilihan kepala desa lagi,” kata Turhamun kepada Radar Lamsel, Kamis (7/2).

          Turhamun menjelaskan, Pjs kepala desa dapat diusulkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan syarat calon Pjs kepala desa yang diajukan merupakan PNS non fungsional. “Syaratnya yaitu PNS non fungsional. Sampai dengan saat ini, sebagian besar BPD juga telah mengusulkan Pjs kades,” ucapnya.

BACA :  Seminggu, Padi Puso di Palas Bertambah 53 Hektare

          Meski masa jabatan kepala desa di 13 desa tersebut selesai terpaut satu bulan, namun pelantikan Pjs kepala desa akan dilakukan secara serentak pada 28 Februari mendatang. “Pelantikan  dilakukan secara serentak yang rencananya akan dilakukan pada Musrenbang Kecamatan pada 28 Februari di Desa Tanjungsari,” sambungnya.

          Lebih lanjut Turhamun menerangkan, pada pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Lampung Selatan untuk di Kecamatan Palas terdapat 15 desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa. “13 desa ini akan mengikuti pilkades serentak, ditambah dengan Desa Pulaujaya dan Desa Bumiasri. Total ada 15 desa yang akan mengikuti pikades serentak pada Juni mendatang,” pungkasnya. (vid)

BAGIKAN