16.174 Siswa SMP Ikuti US-USBN Hari Ini

374
Dok. Disdik Lamsel - Siswa-siswi SMPN 2 Candipuro menggelar Do'a bersama jelang pelaksanaan US-USBN tahun 2019, dilapangan sekolah setempat, Sabtu (6/4) pekan kemarin

KALIANDA – Pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (US-USBN) tingkat SMP sederajat Tahun Pelajaran (TP) 2018/2019 di Kabupaten Lampung Selatan digelar Senin (8/4) hari ini.

          Berdasarkan data yang diperoleh Radar Lamsel dari Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan, jumlah peserta US-USBN tahun ini adalah sebanyak 16.174 siswa dari 243 sekolah yang ada dikabupaten gerbang krakatau ini.

          Dengan rincian, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta sebanyak 139 sekolah, SMP Negeri Terbuka sebanyak 1 sekolah, dan Madrasyah Tsanawiyah Negeri dan Swasta sebanyak 103 sekolah.

          Kepala Dinas Pendidikan Lamsel Thomas Americo mengatakan, pelaksanaan UU-USBN SMP/MTs tahun 2019 ini akan berlangsung selama enam hari yang dimulai dari hari Senin sampai Sabtu mendatanag (8-13/4).

BACA :  Manasik Haji Digelar Hari Ini

          “Untuk mata pelajaran yang diujikan yakni Agama, IPA, Bahasa Indonesia, IPS, Matematika, PKn, Bahasa Inggris, Seni Budaya, TIK atau Prakarya, Bahasa Lampung, PJOK, dan pelajaran Mulok,” ujar Thomas Americo, kepada Radar Lamsel, melalui sambungan telepon, Minggu (7/4) kemarin.

          Diungkapkannya, dalam Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional ini terdapat dua sistem pelaksanaan yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNBK-UNKP). “Untuk SMP dan MTs yang tahun ini sudah melaksanakan sistem UNBK baik negeri ataupun swasta jumlahnya adalah sebanyak 176 sekolah. Sedangkan, untuk SMP yang melaksanakan sistem UNKP bauik negeri maupun swasta adalah sebanyak 67 sekolah,” ungkapnya.

BACA :  Peran Penting Media Masa Mengkawal Demokrasi

          Thomas mentargetkan, nilai hasil ujian nasional tahun ini bisa jauh lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Ia berharap, pendidikan yang dilakukan oleh masing-masing pihak sekolah selama ini bisa menghasilkan yang terbaik. “Diharapkan semua siswa dapat mengerjakan soal ujian dengan baik sehingga bisa lulus 100 persen,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN