166 Calon Panwascam Ikuti Tes Tertulis

0

KALIANDA – Sebanyak 166 calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dari 17 Kecamatan se-Lamsel mengikuti tes tertulis di STIE Muhammadiyah Kalianda, Minggu (29/10).

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, ada 176 peserta yang dinyatakan lulus seleksi berkas dan berhak mengikuti ujian tes tertulis. Dari jumlah itu, sebanyak 10 peserta tak hadir mengikuti tes tertulis dan dinyatakan gugur. Sementara hasil tes tertulis akan diumumkan hari ini, Senin (30/10).

Ketua Panwaskab Lamsel Khoirul Anam mengatakan, tes tertulis ini dilakukan guna menyaring calon anggota Panwascam yang benar-benar kompeten. “Pada dasarnya dari 166 ini akan diseleksi lagi oleh panitia dari hasil tes tertulis yang diikuti peserta yang akan diumumkan 30 Oktober 2017 pada pukul 00:00 WIB” kata dia kepada Radar Lamsel, di STIE Muhammadiyah, kemarin.

Dilanjutkan Anam, usai memeriksa hasil ujian tertulis panitia akan mengerucutkan enam nama terbaik yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. “Panitia akan memilih enam besar dari masing-masing kecamatan, berdasarkan hasil tes (ujian tertulis ‘red)” ucapnya.

Koordinator Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Hendra Fauzi S.Sos menyampaikan usai diumumkan hasil tes tertulis ini akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya yakni wawancara (interview).

“Untuk interview akan kami laksanakan pada 5 November mendatang. Kemudian tempat berlangsungnya interview belum kami tetapkan,” ucapnya.

Hendra Fauzi menambahkan tes tertulis ini akan dijadikan acuan kelayakan peserta untuk menjadi calon anggota Panwascam. Maka kata dia, apabila hasil tes tertulis memuaskan peserta memiliki peluang lebih besar. “Kalau nilainya bagus, pasti kami luluskan,” kata dia.

Sementara masyarakat diminta untuk menanggapi nama-nama yang lulus tes tertulis. Hendra menginstruksikan khalayak umum dapat menanggapi melalui akun @facebook panwaskablamsel.

“Pengumumannya sehari setelah tes tertulis dilaksanakan, selanjutnya masyarakat kami minta partisipasinya untuk menanggapi nama-nama yang lulus seleksi,” kata Hendra.

Pantauan wartawan koran ini seluruh peserta ujian tertulis mengerjakan sebanyak 100 soal, Kecamatan Kalianda menyumbang peserta terbanyak yakni 29 peserta berdasar hasil seleksi berkas.

Setelah peserta selesai dan meninggalkan raung ujian pada pukul 11:50 WIB ratusan soal dimusnahkan oleh panitia pembentukan calon anggota Panwaslu Kecamatan di halaman kampus STIE Muhammadiyah Kalianda, guna menjaga kerahasiaan soal. (ver)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel