2 KM Jalan Kabupaten Rusak Parah

0

CANDIPURO – Jalan penghubung Desa Cintamulya dan Karya Mulyasari (KMS) Kecamatan Candipuro mulai disorot. Itu lantaran jalan kabupaten sepanjang 2 kilometer itu rusak parah.

Pantauan Radar Lamsel, ruas jalan KMS menuju Dusun Cirebon Desa Cintamulya itu tak dilanjutkan pembangunannya. Padahal sebagian ruas jalan sudah dihotmix. Diruas jalan rusak tersebut setiap hari digunakan oleh para pelajar menuju sekolah.

Kepala Desa Karyamulyasari Warno menyebutkan, sepanjang 2 kilometer jalan berupa bebatuan dan tanah. Jika curah hujan tinggi jalan dipenuhi lumpur.

“Rute ini menghubungkan dua desa. Sebelumnya pada jalur yang sama sudah pernah dihotmix tapi nggak tahu mas 2017 ini belum dilanjutkan,” kata dia kepada Radar Lamsel, Kamis (10/8) kemarin.

Warno menyayangkan pembangunan yang setengah-setengah tersebut. Meski ia tak mengetahui apakah jalan tersebut sudah dianggarkan di 2017 atau tidak. Yang pasti jalan itu satu-satunya rute menuju sekolah.

Sorotan juga datang dari Anggota DPRD Lamsel Romli. Ia menilai jalan penghubung dua desa itu sudah layak untuk segera diperbaiki di 2017. “Minimal dibangun lapen, kasihan para pelajar yang sehari-hari menggunakan rute ini,” kata Romli.

Bahkan Anggota Komisi C DPRD Lamsel ini menilai jalan itu tak layak dilalui dengan kondisi yang demikian rupa. Apalagi lanjut dia, jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan penghubung ke Sekolah Menengah tingkat Atas di Karya Mulyasari.

“Banyak keluhan yang kami terima dari warga di dua desa itu, saat kami tinjua lokasinya memang cukup miris ya, berdebu ketika panas dan becek saat hujan turun,” paparnya.

Politisi dari Fraksi PKB ini merekomendasikan agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk memasukkan perbaikan jalan tersebut di 2017 ini. Sebab kata Romli jika menunggu 2018 dikhawatirkan kondisi jalan bertambah parah.

“Kalau menunggu perbaikan 2018, bisa bubar jalan ini. sekarang saja keadaannya parah apalagi menunggu tahun depan. Saya rasa perlu dipertimbangkan keluhan warga ini,” terangnya.

Lain halnya dengan rute KMS – Cintamulya, kerusakan jalan di Candipuro juga terjadi di ruas jalan kabupeten penghubung Kecamatan Candipuro – Way Sulan. Padahal dari keterangan warga jalan tersebut sudah mendapat perbaikan pada 2015 silam.

“Diperbaiki 2015 sebelum Pilkada, tapi kondisinya sekarang ya rusak parah dibeberapa titik, kualitasnya kurang bagus mas,” ujar Sekdes Banyumas Joko, kemarin. (ver)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel