20 KPM Dapat Pelatihan Pengembangan SDM

210
David Zulkarnain – Pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) kepada anggota Kader Pembangunan Manusia (KPMD Kecamatan Sragi, di Desa Baktirasa, Kamis (20/6).

SRAGI – Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sragi menggelar pelatihan pengembangan sumberdaya manusia (SDM) kepada 20 anggota Kader Pembangunan Manusia (KPM), di Desa Baktirasa, Kamis (20/6).

          Ketua TPID Kecamatan Sragi, Romi mengatakan, pelatihan diberikan kepada 20 anggoita KPM dari 10 desa terebut dilakukan sebagai salah satu betuk peningkatan kapasitas KPM sebagai pemegam program pencegahan stunting di desa.

          “Salah satu tujuan pelatihan pengembangan SDM ini untuk meingkatkan kapasitas terutama membentuk konvergensi dalam menagani masalah stunting yang ada di desa,” kata Romi kepada Radar Lamsel.

          Romi menerangkan salah satu program yang akan dijalankan oleh KPM yaitu pembentukan forum rumah desa sehat (RSD) yang akan akan dijadikan sebagai wadah konsultasi untuk mencegah stunting di desa.

BACA :  Pemkab Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Sragi

          “Dari pelatihan ini akan terbentuk forum RDS yang akan menjadi wadah konvergensi stunting termasuk sebagai rumah inovasi pengembangan sumberdaya manusia,” terangan Romi.

          Sementara Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Supriyadi menerangkan, didalam pola kerja KPM tidak bisa berkerja sendiri namun juga harus bekerja dengan kader posyandu, PAUD serta tokoh masyarakat.

BACA :  Cegah Kerusakan Proyek Desa via Perencanaan

          “Didalam konvergensi stunting ini KPM tidak hanya bekerja sendiri namun juga harus ada dukungan lain darti kader posyandu, tokoh masyarakat, serta dukungan aparatur desa,” ujarnya.

          Dalam kesempatan tersebut, Supriyadi mengungkapkan anggota KPM dalam setiap tahun harus memberikan laporan konvergensi stunting yang aka dijadikan sebagai peryaratan pecairan dana desa (DD).

          “Dan tugas yang terpenting hasil konvergensi stunting harus dilaporkan, karena ini akan menjadi persyaratan pencairan DD tahap ketiga,” ujarnya. (vid)

BAGIKAN