21 Kebakaran Besar Terjadi Periode Januari – Juni

208
Ilustrasi Kebakaran

KALIANDA – Jumlah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Lampung Selatan terjadi cukup banyak. Selama Januari hingga Juni ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lampung Selatan mencatat sebanyak 21 peristiwa kebakaran besar.

          Plt. Kabid Damkar Kabupaten Lampung Selatan, Rully Satria, mengatakan bahwa jumlah tersebut tak termasuk dengan peristiwa kebakaran kecil. Jika kebakaran skala kecil masuk dalam pendataan, lanjut Rully, mungkin jumlah peristiwa kebakaran akan lebih banyak dari hitungan tersebut.

BACA :  Mobil Mencurigakan Sebelum Penemuan Mayat

          “Ya, jumlahnya 21. Tapi itu tidak termasuk kebakaran kecil ya, karena kami tidak mendata,” kata Rully saat dihubungi Radar Lamsel, Kamis (20/6) kemarin.

          Rully melanjutkan, jumlah peristiwa yang mencapai 21 tersebut meliputi kebakaran rumah penduduk, perusahaan, kendaraan, dan kebakaran lahan. Jumlah kebakaran terjadi didominasi oleh kabakaran rumah. Lebih lanjut, Rully mengatakan bahwa penyebab kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik.

          “Rata-rata disebabkan korsleting listrik. Tapi ada juga kebakaran yang disebabkan oleh anak-anak yang bermain korek api, penyebab lainnya diakibatkan kecelakaan yang kemudian menyebabkan kebakaran,” katanya.

BACA :  Ditodong Senpi, Ketua HIPMI Lamsel Laporkan Oknum Kejari Lampura

          Rully berharap, peristiwa kebakaran besar tak terjadi lagi di Kabupaten Lampung Selatan. Untuk menghindari hal tersebut, Rully meminta masyarakat menjaga diri dari persitiwa kebakaran yang disebabkan oleh kesalahan-kesalahan non teknis seperti bermain korek api dan semacamnya.

          “Kalau korsleting itu teknis, sulit untuk dihindari. Tapi setidaknya, kita bisa mencegah kebakaran dari penyebab-penyebab non teknis seperti menjaga anak-anak supaya tidak bermain korek api. Dan memastikan api padam setelah menyalakan kompor,” katanya. (rnd)

BAGIKAN