245 ASN Dapat Pelatihan Wirausaha Jelang Purnabhakti

496
Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan, M.hum memberikan tali asih kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan yang memasuki masa Purnabhakti, bertempat di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (18/4).

KALIANDA – Sebanyak 245 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki masa purnabhakti mendapat pelatihan kewirausahaan di aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Selasa (18/4) kemarin. Pelatihan itu diharapkan menjadi bekal atau modal para ASN yang akan pensiun tahun ini.

Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan berharap, melalui kegiatan pelatihan ini bisa memberikan motivasi serta menjaga semangat para ASN. Karena menurutnya, masa purnabhakti bukan berarti akhir dari pengabdian terhadap masyarakat.

“Banyak hal yang bisa mereka lakukan baik dalam hal agama, sosial, ekonomi, maupun budaya. Dan semuanya itu bisa menghasilkan rezeki yang baik. Kita yang masih aktif akan membuka waktu yang seluas-luas untuk membina kawan-kawan yang memasuki purnabhakti. Sehingga tidak ada tali silaturahmi yang terputus,”ujar Zainudin saat diwawancarai sejumlah awak media usai membuka kegiatan, kemarin.

BACA :  Honorarium Badan Adhoc Diusul Naik

Bagi para pegawai yang telah pensiun, lanjutnya, bisa mencari kesibukan dengan berwirausaha atau lainnya. Sehingga, dapat mengantarkannya sukses secara ekonomi. Sebab, pensiun adalah bonus untuk menikmati kehidupan dunia yang sementara.

“Intinya, saya ingin mengembangkan jiwa-jiwa kewirausahaan bagi masyarakat Lampung Selatan, baik yang masih muda ataupun yang mulai senja. Yang paling penting, saya ingatkan rubah cara berfikir. Dengan membaca buku kisah-kisah orang sukses yang lanjut usia. Baca dan ambil hikmahnya,”tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Lamsel Indra Gunawan, SE mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi Aparatur Sipil Negara yang akan memasuki purnabhakti. Serta, meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi purnabhakti.

BACA :  1.300 Hektar Sawah Puso; Rata-rata Belum Ikut AUTP

“Pelatihan ini pada dasarnya guna memberi bekal atau keterampilan untuk berusaha dalam menghadapi masa purnabhakti. Selain itu juga guna mempersaiapkan mental para ASN dimasa mendatang,”terang Indra dalam laporannya.

Tujuan kegiatan tersebut, imbuhnya, adalah sebagai pembekalan pra pensiun dengan memberikan wawasan terhadap berbagai alternatif pilihan aktivitas setelah pensiun. “Pelatihan ini diikuti 245 ASN yang terdiri dari Dinas, Badan, Kantor, Kecamatan, Dewan Guru di Lingkungan Pemkab Lamsel,”pungkasnya. (idh)

 

BAGIKAN