28 Sekolah di Tanjungsari Ikut Perkemahan

19
Rifky - Teks : Suasana perkemahan yang digelar di Desa Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjungsari. (15/8).

TANJUNGSARI – Sebanyak 28 sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Tanjungsari mengikuti perkemahan di Desa Purwodadi Dalam yang digelar sejak Selasa (13/8) lalu. Kegiatan yang digelar Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Tanjungsari dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke-58.

 Ketua Kwarran Tanjungsari Sutomo mengatakan, kegiatan perkemahan itu merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun tepatnya pada peringatan HUT Pramuka. Namun, lokasinya selalu berbeda dan berpindah dari satu desa ke desa yang lain.

“Ini merupakan program Kwaran Pramuka Tanjungsari setiap tahun. Kami berpindah lokasi disetiap tahunnya dan yang pasti dapat persetujuan dari pihak kecamatan dan pemerintah desa,” kata Sutomo, Kamis (15/8) kemarin.

BACA :  Sidomukti Terpilih Sebagai Desa PATBM

Dia menerangkan, dalam kegiatan perkemahan itu sendiri terdapat beberapa kegiatan dan perlombaan. Mulai dari upacara, pionering, pentas seni, masakan tradisional, dan karnaval.

“Jadi, para peserta bisa merasakan keceriaan dan edukasi pada saat menjalankan kegiatan. Sebab, kami menyiapkan hadiah untuk pemenang lomba berupa piala di akhir kegiatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam kegiatan itu setiap sekolah menyediakan dua tenda yang diisi masing-masing 12 orang peserta. “Satu tenda berisi 12 orang bahkan ada juga yang lebih,” tukasnya.

BACA :  Nanda Indira Dendi : Tanggungjawab Pendidik PAUD Luar Biasa

Di bagian lain, tim Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang belasal dari Puskesmas Rawat Inap Tanjungsari Samsudin membeberkan, bahwa selama kegiatan perkemahan berlangsung kesehatan peserta cukup kondusif. “Hanya batuk, pikek, dan pusing, kami berikan obat sesuai yang dikeluhkan,” terang Samsudin.

Dia mengatakan, jika didapati peserta yang sakit parah akan dirujuk ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan medis secara intensif. “Sampai saat ini kesehatan peserta kemah aman terkendali dan belum ada rujukan,” pungkasnya. (CW1)

BAGIKAN