30 Peserta Umroh Gratis Ikut Manasik

8
Ilustrasi Umroh

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar manasik bagi 30 masyarakat yang mendapat program umroh pada tahun 2019. Rencananya, mereka akan berangkat pada 5 Desember mendatang.

Masyarakat yang akan berangkat umrah ini merupakan para pemenang lomba MTQ, guru mengaji, tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur dari Kodim 0421 serta Polres Lampung Selatan. Kegiatan manasik ini digelar di Aula Rajabasa kantor bupati setempat, Selasa (2/12) kemarin.

Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Ekonomi Pembangunan Burhanuddin, SH, MH mewakili Plt Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto yang membuka secara resmi kegiatan manasik itu meminta agar para peserta umrah benar-benar memahami dan mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh kesungguhan hati. Sehingga, pada saat pelaksanaan ibadah umroh para peserta dapat menjalankan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

“Melalui pelaksanaan bimbingan manasik umroh ini, saya berharap kepada saudara-saudara jamaah akan diberikan pengetahuan tata cara beribadah umrah yang sesuai dengan ajaran Islam,” ujar Burhanuddin dalam sambutannya.

BACA :  Kajari Lamsel: Kami Menggeledah, Bukan OTT

Dia menghimbau, para jemaah peserta umroh gar selama berada di Tanah Suci Mekkah nanti selalu memelihara dan menjaga kesehatan fisik, serta mental dengan sebaik-baiknya. Sebab, kondisi cuaca berbeda dengan wilayah tempat biasa mereka tinggal.

“Jangan pernah menganggap remeh untuk memelihara kebugaran jasmani dan mental. Sesampainya disana jangan takabur, hindari pertengkaran dan kemarahan yang hanya akan merusak ibadah yang saudara laksanakan. Jaga kebersamaan dan sikap tolong menolong,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Bina Mental Spiritual dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Lampung Selatan, Drs. A. Kholil menjelaskan, para jamaah tersebut akan melaksanakan ibadah umroh selama 9 hari dan mulai diberangkatkan pada tanggal 5 Desember 2019 mendatang.

BACA :  Tajimalela Bangun Jalan Gang dengan Cor Beton

“Nanti jemaah umroh ini akan berada di Madinah selama 3 hari dan Mekkah 4 hari, dan 2 hari sisanya di perjalanan. Rencananya para jemaah umrah akan dilepas pemberangkatannya di Masjid Agung Kalianda tanggal 5 besok dan sudah kembali ke tanah air tanggal 13 Desember 2019,” tutur Kholil dalam laporannya.

Menurut dirinya para jemaah umrah nantinya akan mendapatkan koper, tas, kain ihrom sebagai fasilitas pendukung untuk pelaksanaan ibadah umrah tersebut. Dia berharap, sesampainya di Tanah Suci para jemaah umrah bisa menjaga kekompakan dan nama baik Kabupaten Lampung Selatan.

“Nanti disana jaga kesehatan, jangan lupa doakan Kabupaten Lampung Selatan dan juga Pak Plt Bupati H. Nanang Ermanto supaya selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk memimpin kabupaten kita tercinta ini,” pingkasnya. (idh)

BAGIKAN