59 Desa Sudah Cair, Tanjung Bintang Paling Rajin

353
Ilustrasi DD

74 Desa Ajukan Pencairan DD Tahap II Hari Ini

KALIANDA – Sebentar lagi DD tahap II untuk 74 desa di Lampung Selatan bakal segera cair. Rencananya hari ini (Senin ‘red) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamsel siap mengajukan pencairannya ke BPKAD Lamsel.

Itu disampaikan Kepala Dinas PMD Lamsel melaui Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa (DPMD) Lamsel M. Iqbal Fuadin. Dikatakan, dari 256 desa yang ada di kabupaten ini baru 59 desa yang sudah mencairkan DD tahap II.

“ Sejauh ini baru 59 desa yang sudah dapat melakukan penarikan dana melaui rekening masing-masing desa. Sementara untuk Senin (22/7) kami ajukan lagi 74 desa, mudah-mudahan secepatnya diproses,” kata Iqbal kepada Radar Lamsel, Minggu (21/) kemarin.

BACA :  Waspada Peralihan Cuaca!

Iqbal mengungkapkan dari 17 kecamatan yang ada, dua kecamatan disebut paling disiplin dan rajin dalam mengajukan syarat pencairan DD. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Tanjung Bintang dan Kecamatan Sragi.

“ Paling disiplin dan paling rajin dua kecamatan itu. Kecamatan Tanjung Bintang misalnya, dari 16 desa sudah 15 desa yang mencairkan DD tahap II. Sedangkan untuk Kecamatan Sragi 10 desa sudah masuk dalam 74 desa yang siap diajukan ke BPKAD Lamsel,” paparnya.

Dinas PMD Lamsel mengisyaratkan kecamatan lainnya untuk bergerak cepat menginstruksikan aparatur desanya. Sebab apabila lambat dalam mengajukan persyaratan maka hal ini dikhawatirkan dapat menghambat laju pembangunan ditingkat desa.

BACA :  UMP Ditolak, UMK Belum Laik!

“ Untuk itu kami mengimbau agar desa yang belum dapat segera memenuhi persyaratan. Bila Kecamatan Tanjungbintang dan Sragi saja bisa cepat, tentunya kecamatan lain pun bisa juga,” sebut Iqbal.

Iqbal menginstruksikan agar desa yang belum memenuhi persyaratan untuk dapat segera menunaikan kewajibannya. Sebab kata dia ada beberapa tahapan yang mesti dilengkapi oleh desa.

“ Tahapan itu meliputi, laporan realisasi DD ssebelumnya, kemudian penyusunan APBDes, RKPDes, Proposal DD dan ADD. Kalau itu belum dituntaskan otomatis menghambat pencairannya kelak,” tandansnya. (ver)

BAGIKAN