69 Desa Belum Sampaikan Proposal DD

366

108 Desa Diproses, 77 Desa Tunggu SP2D

KALIANDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan terus melakukan pemeriksaan proposal pengajuan dana desa (DD) tahap I tahun 2017. Namun demikian, masih banyak desa yang belum mengajukan proposal tersebut hingga pertengahan Bulan Mei ini.

Hingga berita ini diturunkan, 69 desa tercatat belum mengirimkan proposal tersebut ke DPMD Lamsel. Meskipun pihak DPMD secara terus-menerus berkoordinasi dengan para camat terkait persolan tersebut.

“Jumlah desa yang belum mengajukan proposal pencairan DD masih tetap 69 desa. Karena, dua hari ini belum ada proposal yang masuk. Kami juga sudah menghimbau para camat untuk mendorong desa-desa yang merasa belum merampungkan proposal,”ungkap Kabid Pemerintahan Desa DPMD Lamsel Bibit Purwanto, SP., mewakili Kepala DPMD Dulkahar AP., M.Si., kepada Radar Lamsel, kemarin.

BACA :  Terang Ulang, Wujudkan Rasa Keadilan

Namun begitu, pihaknya tetap konsisten untuk memproses 108 proposal pencairan DD yang telah masuk ke DPMD. Dengan begitu, desa-desa yang telah mengajukan proposal pencairan DD lebih dahulu bisa dicairkan.

“Sementara 108 desa sedang dalam proses. Semoga, dalam waktu dekat bisa segera menyusul untuk dicairkan. Sehingga, mereka bisa langsung melakukan program pembangunan melalui anggaran DD tersebut,”imbuhnya.

Sementara bagi 77 desa yang telah lebih awal dan dipastikan rampung, saat ini tengah menunggu surat perintah pencairan dana (SP2D) dari Badan Pengelola Keuangan dan Arsip Daerah (BPKAD).

“Informasi terakhir, saat ini tengah menunggu SP2D nya. Jadi, setelah itu pihak desa bisa langsung mengambil anggaran DD ini di bank. Kami harap, aparatur desa bisa dengan benar mengelola anggaran yang tidak sedikit ini,”pungkasnya.

BACA :  Roslina : Perda Penyakit Menular Prioritas 2019

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan memastikan Dana Desa (DD) tahap I tahun 2017 bagi 77 desa yang telah konsisten dan cepat mengajukan proposal siap dicairkan.

Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Dulkahar, A.P., M.Si kepada Radar Lamsel dikantor Bupati Lamsel kemarin.

Menurutnya, hambatan nota dinas Bupati Lamsel yang sebelumnya belum ditandatangani oleh bupati kini sudah ditandatangani. Saat ini, pihaknya menunggu BPKAD memproses surat perintah pencairan dana (SP2D).

“Kami sudah koordinasi dengan pihak keuangan daerah. Kalau waktunya masih cukup, hari ini (kemarin’red) juga anggaran DD ini bisa di transfer ke masing-masing rekening desa untuk 77 desa yang memang telah mengajukan proposalnya lebih dulu,”ungkap Dulkahar kepada Radar Lamsel. (idh)

BAGIKAN