70 Persen Pemudik Sudah Kembali ke Pulau Jawa

105
Randi Pratama – Beginilah kondisi di loket tiket penumpang pejalan kaki di pelabuhan Bakauheni yang sudah terlihat sepi. Foto dibidik kemarin.

BAKAUHENI – Kepadatan arus balik di pelabuhan Bakauheni berangsur membaik. Terhitung sejak H+1 sampai pukul 15.00 WIB, Senin (11/6) lalu, jumlah pemudik yang kembali ke pulau Jawa sebanyak 509.644 orang. Kemudian diikuti jumlah kendaraan roda dua sebanyak 50.492 unit dan kendaraan roda empat atau lebih sebanyak 61.380 unit.

Jumlah tersebut pasti bertambah. Pasalnya, data pada Selasa (11/6) kemarin belum masuk dalam hitungan. Dari data Posko Bakauheni menyebutkan trafik penumpang dan kendaraan mengalami kenaikan yang signifikan pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6) lalu. Dua hari tersebut adalah waktu di mana puncak arus balik lebaran dari Bakauheni menuju Merak.

Adapun trafik penumpang mengalami kenaikan signifikan pada H+3 sebanyak 165.260 orang, dan pada H+2 sebanyak 156.934 orang. Khusus penumpang pejalan kaki saja mencapai 24.415 orang pada H+3. Trafik kendaraan roda empat secara total mencapai sebanyak 19.670 unit pada H+2, dan 18.067 unit pada H+3. Tren ini lebih tinggi dibandingkan dari Pelabuhan Merak saat arus mudik kemarin.

BACA :  Pulau Mengkudu Dijamah Sijago Merah

Pihak PT. ASDP Indonesia Ferry mengklaim bahwa pada akhir pekan kemarin, kepadatan di Pelabuhan Bakauheni itu terjadi karena volume penumpang dan kendaraan pada arus balik mencapai puncaknya. Dengan periode arus balik yang lebih pendek dibandingkan arus mudik, pergerakan penumpang dan kendaraan dengan volume tinggi dan waktu yang bersamaan memicu kepadatan.

Selain itu, pemberlakuan diferensiasi tarif penyeberangan selama arus mudik dan balik Lebaran juga membuat pengguna jasa antusias untuk melakukan penyeberangan di siang hari. Memasuki H+5 ini, volume kendaraan dan penumpang diprediksik masih terdistribusi hingga akhir pekan nanti. Mengingat masih ada sebagian pemudik yang mengambil cuti lebaran maupun libur sekolah anak.

ASDP tetap mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan dengan baik jadwal perjalanan kembali pada arus balik lebaran ini mntuk mempercepat proses pembelian tiket di tollgate. Pemudik diminta menyiapkan e-KTP dan kartu elektronik dengan saldo yang cukup. PT. ASDP menyebut harga tiket telah kembali normal seiring berakhirnya diferensiasi tarif pada 9 Juni 2019 lalu.

BACA :  Pengawasan Pulau Mengkudu Diperketat

          Humas PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Syaifullail Maslul, mengamini jika arus balik pada H+4 kemarin berjalan lancar. Pria yang akrab disapa Syaiful ini melanjutkan, untuk hari-hari selanjutnya arus balik masih akan mengalir. Kemungkinan, aktivitas pelayanan di pelabuhan Bakauheni akan normal kembali setelah seminggu kemudian.

          “Minggu depan baru normal seperti biasanya. Karena data dari menyebutkan bahwa pemudik yang telah kembali ke pulau Jawa sudah 70 persen lebih,” katanya saat dihubungi Radar Lamsel, Selasa (11/6) kemarin. (rnd)

BAGIKAN