88 Kades Terpilih Dilantik Bulan Ini

19
Foto Ilustrasi

 

KALIANDA – Pelantikan kepala desa (kades) terpilih hasil Pilkades Serentak tahun 2019 segera digelar. Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setdakab Lampung Selatan telah rampung menggarap pembuatan surat keputusan (SK) para pemimpin tertinggi di desa itu.

Kepala Bagian Otda Setdakab Lamsel Setiawansyah, A.P., M.Si., didampingi Plt Kasubbag Pemerintah Desa dan Kelurahan Bagian Otda Setdakab Lamsel Rudi Akbrata mengungkapkan, pihaknya tengah menjadwalkan secara pasti prosesi pelantikan para kades terpilih.

Namun, dimungkinkan pelantikan pada tahap awal akan berlangsung pada bulan ini. “Ada sekitar 88 desa yang akan kita jadwalkan pelantikan di bulan ini. Karena, 88 desa itu sekarang sudah dijabat oleh Pj kades,” ungkap Rudi saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Senin (12/8) kemarin.

Rencananya, imbuhnya, pelantikan 87 kades terpilih itu akan digelar dalam beberapa titik. Namun, jadwal secara pasti akan segera ditetapkan setelah melakukan koordinasi dengan pimpinan tertinggi di kabupaten Khagom Mufakat ini.

“Karena yang berhak melakukan pelantikan adalah Plt Bupati. Kita akan sesuaikan jadwal beliau agar tidak bertabrakan dengan agenda pemerintahan lain yang bersifat lebih penting. Setelah ada informasi dari jajaran staf Bupati akan segera kita buatkan jadwalnya,” tambahnya.

BACA :  Nama-nama Anggota DPRD Lamsel 2019-2024

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya tengah mengkonsep kegiatan pelantikan para kades terpilih itu. Mulai dari lokasi pelantikan berlangsung hingga penggabungan kepala desa yang akan dilantik sesuai dengan cakupan jarak.

“Kami akan buat perencanaannya dulu. Mulai dari penggabungan kades yang akan dilantik. Jadi, yang memang jarak nya dekat akan kita gabungkan menjadi satu lokasi yang strategis. Supaya lebih efisien waktu. Karena, bisa jadi dalam satu hari dilakukan pelantikan 2 – 3 titik,” pungkasnya.

Sementara di Kecamatan Natar, Kasi Pemerintahan Kecamatan Natar Agus Lani mengatakan sudah merencanakan penjadwalan pelantikan kades terpilih. Lokasi pertama rencananya di Desa Negara Ratu dengan melantik lima kades. “Desa Sidosari, Bumusari, Negararatu, Candimas dan Brantiraya lokasinya di Desa Negararatu. kemudian untuk Desa Rulunghelok, Banjarnegeri, Haduyang, Krawangsari dan Bandarrejo lokasinya di Bandarrejo,” urainya. 

BACA :  NU dan Muhammadiyah Ingatkan Dewan Baru Pro Rakyat

Ia menambahkan, pihaknya akan diundang lagi oleh Asisten I bidang pemerintahan Setda Lamsel untuk memantapkan tanggal pelantikan dan lokasi. “Besok (hari ini,red) akan ada pemantapan tanggal dan lokasi, untuk sementara jadualnya 27 atau 28 Agustus 2019,” tuturnya. 

Agus menjelaskan, selain 10 desa tersebut masih ada tujuh kades terpilih lagi yang akan dilantik hasil pilkades serentak. “Kemungkinan tujuh desa sisanya akan dilantii Desember 2019,” ujarnya.   

Pelantikan sendiri sambungnya akan dilakukan langsung oleh Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto setelah pulang dari ibadah haji. “Jadualnya pak bupati langsung yang melantik, mangkan sehari itu siangnya di bandarrejo kemudian sore di negararatu,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dari 256 desa se-Lampung Selatan, hanya 131 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak Tahun 2019. Sementara untuk pelantikan 43 kades terpilih lainnya akan digelar sesuai akhir masa jabatan (AMJ) mereka habis. (idh/kms)

BAGIKAN