ADD Tahap II Bisa Cair Sebelum Lebaran

275
Plt. Kadis PMD Burhanuddin

KALIANDA – Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk ratusan desa yang telah mengajukan proposal ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan diprediksi cair sebelum lebaran.

          Plt. Kepala Dinas PMD Lamsel Burhanuddin mengatakan, pihaknya telah mengirim proposal pengajuan tersebut kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) pada Jum’at (24/5) lalu.

          ” Sudah kita ajukan ke BPKAD, memang belum semua desa tapi hampir separuh dari seluruh desa sudah mengajukan pencairan ADD tahap kedua ini,” kata Burhanuddin kepada Radar Lamsel, Minggu (26/5).

           Bila tak ada aral melintang, Burhanuddin menuturkan, pencairan ADD tersebut dapat terealisasi dalam waktu dekat alias sebelum Idul Fitri 1440 Hijriah.

BACA :  Bidan TKS Minta Diangkat THLS

          ” Kalau tidak ada halangan mungkin besok (hari ini ‘red) sudah bisa dicairkan karena berkasnya sudah ada di BPKAD. Pemerintah desa tinggal tunggu saja dalam waktu dekat ini yang jelas sebelum lebaran kemungkinan cair,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Lamsel ini.

          Masih kata Burhan, sapaan Burhanuddin, dari 256 desa memang belum semuanya menuntaskan DD dan ADD tahap pertama. Namun pihaknya menegaskan kepada desa untuk segera mungkin menyelesaikan persyaratan agar pembangunan desa tidak terhambat.

          ” Yang akan cair ini ADD tahap kedua, kalau tahap pertama hanya beberapa desa saja yang memang lambat. Saya lupa berapa jumlah yang belum, tetapi untuk ADD tahap kedua ini sudah seratusan lebih yang menyusun proposal,” terangnya.

BACA :  Pertengahan Oktober, 13 Kades Terpilih Disumpah

          Terpisah, Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa (DPMD) Lamsel M. Iqbal Fuadin membenarkan bahwa dalam waktu dekat desa sudah dapat melakukan pencairan ADD tahap kedua. Itu merujuk kepada proposal yang sudah disetorkan ke BPKAD Lamsel.

          ” Kami sudah ajukan pencairan ke BPKA. Jumlah pastinya saya lupa tapi ada seratusan lebih yang sudah menyusun proposal tersebut. yang jelas belum semuanya tapi bisa dicairkan kalau sudah ratusan yang menyusun,” terangnya. (ver)

BAGIKAN