Ahmad Juhri Targetkan Jalan Desa Mulus Tahun 2019

0

1PEMERINTAH Desa Wai Sidomukti, Kecamatan Ketapang gencar melaksanakan pembangunan. Sejumlah program pembangunan dilaksanakan tahun 2017 melalui kucuran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan sumber lainnya untuk mewujudkan pemerataan pembangunan menuju masyarakat makmur dan sejahtera.

Tahun ini, dibawah pimpinan kepala desa yang masih muda dan energik Ahmad Juhri, Desa Wai Sidomukti membangun infrastruktur jalan sepanjang 225 meter dengan jenis cor beton sesuai standar yang telah ditetapkan pemerintah. Selanjutnya membangun fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD), membangun talud sepanjang 150 meter di dusun 3 dan membangun saluran drainase sepanjang 150 meter di Dusun 2.

Pembangunan lainnya yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD) yakni rehabilitasi gedung balai desa. “Pembangunan jalan dilaksanakan bertahap. Tahun ini kami membangun jalan cor beton sepanjang 225 meter di Dusun 1. Selain itu, kami juga membangun talud untuk mencegah erosi badan jalan yang menghubungkan antar desa (Desa Berundung) dan membangun saluran drainase untuk mencegah banjir karena Desa Wai Sidomukti merupakan dataran rendah,” papar Ahmad Juhri.

Menurut Ahmad Juhri, kucuran dana desa dan alokasi desa setiap tahun sangat membantu pemerintah desa setempat mewujudkan cita-cita dan harapan masyarakat. Sebagai desa yang baru dimekarkan dari desa induknya, Desa Wai Sidomukti membutuhkan fasilitas umum dan pembangunan infrastruktur yang memadai untuk menunjang pemerintahan desa setempat.

5

Sebagai Kepala Desa devinitif yang pertama, Ahmad Juhri memiliki komitmen membangun desanya yang lebih baik. Bahkan dia menargetkan menyelesaikan pembangunan jalan di desanya hingga tahun 2018-2019. “Kami punya PR (Pekerjaan Rumah) kedepannya membangun peningkatan badan jalan dari onderlah menjadi cor beton sepanjang 800 meter tersebar di Dusun 2 dan 3. Sedangkan jalan dengan kondisi masih jalan tanah sekitar 1 kilometer di Dusun 3. Target saya tahun 2018-2019 semua jalan sudah terbangun semuanya,” ujarnya.

Bangun Fasilitas Pendidikan

Sebagai desa yang baru dimekarkan, Desa Wai Sidomukti butuh fasilitas umum seperti sarana pendidikan. Tahun ini, Pemerintah Desa Wai Sidomukti mewujudkan pembangunan gedung PAUD di Dusun 2.

Ahmad Juhri mengatakan, pemerintah desa membangun gedung PAUD dengan sejumlah fasilitasnya berupa dua ruang kegiatan belajar mengajar (KBM), ruang tenaga pendidik (tendik) dan kepala sekolah serta membangun WC.

2

“Desa kami belum memiliki gedung PAUD. Selama ini anak-anak PAUD menumpang di gedung Poskesdes. Saat ini jumlah siswa PAUD sebanyak 27 orang. Gedung baru PAUD sudah digunakan anak-anak dan tenaga pendidik untuk kegiatan belajar mengajar. Kami akan melengkapi fasilitas lainnya secara bertahap,” kata Ahmad Juhri.(*)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel