Air Terjun Kembar Suguhkan Panorama Menawan

173

WAY RATAI – Desa Ceringin Asri, Kecamatan Way Ratai memiliki obyek wisata desa yang tersembunyi namun cukup menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.

Obyek wisata desa di Desa Ceringin Asri tersebut adalah air terjun kembar yang berlokasi dibalik bukit di Dusun Banyumas desa setempat.

Sekretaris Desa Ceringin Asri, Dian menyampaikan, obyek wisata di Desa Ceringin Asri adalah air terjun kembar. Panorama menawan dan kesegaran alami adalah hal yang disuguhkan dari keberadaan dua air terjun yang saling berdampingan tersebut. Suara aliran air yang jatuh, kesejukan, dan ketenangan suasana menjadi suguhan Air Terjun Rindu Alam atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Kembar.

” Lokasi air terjun ini lumayan tersembunyi di balik bukit Dusun Banyumas, Desa Ceringin Asri. Penamaan nama kembar pada air terjun setinggi 60-70 meter ini berdasar adanya dua air terjun yang menyembul di tengah rimbunnya pepohonan yang serupa,” ungkap Dian, kemarin.

BACA :  Warga Sumber Jaya Kecewa Penanganan Bencana Pasca Longsor

Dikatakan, dua air terjun yang saling berdekatan tersebut mengalir air yang sangat deras. Hal inilah yang membuat pengunjung betah berlama-lama memandangi air terjun tersebut, dan perjalanan panjang yang begitu melelahkan terbayarkan dengan pemandangan yang begitu eksotis.

“Air terjun kembar ini sudah mulai ditata untuk menjadi salah satu objek wisata di Pesawaran,” kata dia.

Dian menambahkan, air terjun kembar merupakan salah satu aset yang dimiliki Desa Ceringin Asri. Ia juga berharap pemerintah mau turut serta mengembangkannya menjadi objek wisata unggulan.

“Potensiyang dimiliki air terjun ini cukup besar, tak sebatas pada indahnya kedua air terjun ini, tapi juga menjadi sumber air yang mengaliri desa-desa di daerah hilir. Air terjunnya bagus, tinggal kita kemas menjadi objek wisata yang menarik,” ujarnya.

BACA :  Warga Sumber Jaya Kecewa Penanganan Bencana Pasca Longsor

Lebih lanjut Dian menyampaikan, banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di obyek wisata air terjun kembar. Para pengunjung yang ingin bermalam dapat membuat tenda, karena ada beberapa lokasi yang tanahnya rata sehingga nyaman untuk kamp dan membuat api unggun. Jika pengunjung ingin berenang bisa memilih jalur yang aman di bagian sungai kecil yang mengalir di bawahnya.

“Jika pengunjung ingin berenang dilokasi air terjun, kami menghimbau para pengunjung untuk tidak mandi di bawah guyuran air terjun kembar demi keamanan. Pengunjung bisa mandi di aliran air yang tenang,” tandasnya. (Esn)

BAGIKAN