Ajak Pramuka Andil dalam Pembangunan Desa

1107
Diskominfo Lamsel –Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan melepas Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Lampung Selatan untuk mengikuti kegiatan perkemahan pengenalan dan pelatihan Saka Kalpataru Daerah tahun 2016 di Bumi Perkemahan Kwartir Daerah Lampung, Bandar Lampung. Pelepasan yang ditandai penyerahan bendera pataka berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lamsel, Jum’at (3/6)

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan melepas 76 orang Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang (Kwarcab) Lamsel untuk ikut dalam perkemahan pengenalan dan pelatihan Saka Kalpataru Daerah tahun 2016 di Bumi Perkemahan Kwartir Daerah (Kwarda) Lampung.
Pelepasan yang ditandai penyerahan bendera pataka ini berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lamsel, Jum’at (3/6) pekan lalu.
Menurut Zainudin, pelatihan Saka Kalpataru dalam kepramukaan salah satunya adalah dibidang kebersihan lingkungan. Dia berharap, setelah mengikuti kegiatan tersebut para anggota pramuka dapat menjadi agen kebersihan di Kabupaten Khagom Mufakat ini.
“Mereka ini anak muda yang telah dilatih kedisiplinannya dalam organisasi pemuda. Setelah kegiatan ini, kami berharap bisa memberikan kontribusi yang baik untuk Lampung Selatan,”ujar Zainudin saat diwawancarai usai pelepasan.
Zainudin juga menginginkan agar anggota pramuka ikut andil dalam pembangunan desa. Jangan hanya untuk kepentingan yang sifatnya hanya didalam organisasi bahkan diri sendiri.
“Kita ingin pramuka juga ke desa-desa. Berikan masyarakat desa ilmu yang bermanfaat dari yang mereka dapatkan di organisasi ini. Baru mereka berhasil dalam organisasi,”imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Kwacab Lamsel Sukadi, S.Pd menjelaskan, tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut untul menyamakan pola, visi, misi dan persepsi dalam pengelolaan kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega Lamsel. Sehingga, bisa menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam Satuan Karya Kalpataru.
“Keikutsertaan ini juga sebagai upaya pengembangan pribadi dan pengabdiannya kepada Gerakan Pramuka, masyarakat, bangsa dan negara serta menanamkam cinta terhadap lingkungan sekitar berkaitan dengan pelatihan yang diikuti,”jelas Sukadi.
Setelah mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan anggota pramuka Lamsel dapat memiliki bekal untuk cinta terhadap lingkungan alam sekitar. Serta, dapat mengembangkan minat, bakat dan bertanggung jawab.
“76 orang peserta ini terdiri dari Pramuka Penegak Putera 36 orang, Pramuka Penegak Puteri 36 orang, Pramuka Pandega Putera dan Puteri masing-masing 2 orang,”pungkasnya. (idh)

BACA :  GWH Jadi Panggung Kesenian Tradisional
BAGIKAN