Amankan TPS, Sebar Ribuan Personil Gabungan

127
Randi Pratama – Kapolres Lamsel AKBP. M. Syarhan, S.IK (kanan) bersama Dandim 0421/LS Letkol. Kav. Robinson O. Bessi (kiri) memimpin apel pergeseran pasukan di lapangan Korpri Pemkab Lamsel, Senin (15/4) kemarin.

KALIANDA – Kepolisian Resor Lampung Selatan (Polres Lamsel) menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan pemungutan suara dan pemilihan umum (pemilu) tahun 2019. Apel yang digelar di lapangan Korpri Pemkab Lamsel itu diikuti ribuan personil dari Polri, TNI, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, dan perlindungan masyarakat (Linmas).

Apel yang dipimpin Kapolres Lamsel AKBP. M. Syarhan, S.IK itu sekaligus pelepasan personil yang sudah ditugaskan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Dalam arahannya, Syarhan meminta seluruh anggota yang ikut dalam apel bekerja secara prima dalam pengamanan TPS.

Sebagai anggota pengamanan dalam pemilu, Syarhan meminta petugas merangkul dan bekerjasama kepada seluruh elemen masyarakat. Khususnya dalam penekanan kesiapan fisik dan mental, SOP pengamanan, koordinasi antar Polsek dan Polres untuk mengetahui kondisi di masing-masing wilayah.

BACA :  Kades Terpilih di Ibu Kota Lamsel Disumpah

 Pada kesempatan itu, Syarhan menyebutkan bahwa ada 9 TPS di Pulau Sebesi dan Pulau Rimau yang masuk dalam kategori rawan. Syarhan mengatakan dasar kerawanan di 9 TPS tersebut karena berdekatan dengan berdekatan dengan bencana alam. Menurut Syarhan, ini sudah sesuai dengan ketentuan.

“Ada penentuan khususnya. Tapi kalau melihat situasi keamanan, bisa dikatakan semuanya kondusif dan aman. Seperti itu,” kata Syarhan saat diwawancarai awak media usai apel di lapangan Korpri Pemkab Lamsel.

BACA :  Bantuan Kapal Nelayan Korban Tsunami Segera Turun

Disinggung mengenai TPS rawan kericuhan, Syarhan mengakui jika pihaknya sudah mengantongi titik-titiknya. Tetapi, Syarhan enggan menyebutkan di mana aja letak TPS rawan kericuhan tersebut. Syarhan mengatakan hal itu cukup menjadi rahasia di internal di kepolisian.

“Ada, tapi itu rahasia. Kami tidak ingin pemilu berjalan aman dan damai, tidak ada kericuhan. Kami juga sudah mengantisipasi dengan melakukan ploting penempatan personil sesuai dengan tingkat kerawanan masing-masing TPS,” katanya.

Polres Lamsel telah memetakan titik kerawan sesuai dengan tingkatan. Syarhan menyebut terdapat 9 TPS rawan, dan 6 TPS khusus diamankan di wilayah Polres Lamsel. (rnd)

BAGIKAN