Anas : Guru Dituntut Profesional

654
ILUSTRASI

SIDOMULYO – Untuk meningkatkan kualitas guru dalam mendidik anak, guru dituntut lebih profesional dalam memberikan pelajaran. Bahkan setiap tahunnya, pemerintah akan melakukan uji kompetensi terhadap guru untuk mengetahui kualitas seorang guru.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Anas Anshori saat membuka In House Training (IHT) Pendamping Kurikulum 2013 di SMAN 1 Sidomulyo, Sabtu (10/9).
Mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Tanggamus tersebut melanjutkan, Lamsel sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dapat meningkatkan mutu pendidikannya khusus pelajaran yang perlu ditingkatkan yakni Fisika dan Kimia.
“Sebagai seorang guru, kita semua dituntut untuk lebih profesional dalam meningkatkan nilai peserta didik. Selain itu, anak-anak kedepan dapat memiliki rasa tanggungjawab, pengetahuan serta kepribadiannya. Inilah tugas kita sebagai abdi negara dalam mencerdaskan anak-anak bangsa,” kata Anas Anshori.
Melihat kondisi SMAN 1 Sidomulyo yang menjadi sekolah rujukan oleh pemerintah pusat, Anas berharap hal tersebut dijadikan nilai tersendiri. “Sidomulyo sebagai sekolah rujukan, gurunya diharapkan punya kompetensi. Kompetensi dalam hal ini, gurunya menguasai yang lebih dari berbagai kompetensi yang ada,” pungkasnya.
Kepala SMAN 1 Sidomulyo, Hidayatullah, M.Pd didampingi Ketua Panitia, Drs. Hanafi mengatakan, ada 150 peserta yang mengikuti IHT dan berkaitan dengan induk cluster. Mereka berasal dari tiga sekolah yakni SMAN 1 Sidomulyo, SMAN 1 Katibung dan SMA Pembangunan Kalianda.
“Pemateri dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) ada tiga orang dan pendampingan implementasi K13. IHT diberikan kepada guru mata pelajaran selama empat hari, yakni satu hari dari LPMP dan empat hari dari instruktur Kabupaten,” kata Hidayatullah. (gus)

BAGIKAN