Angin 15 Knots Menerpa Lamsel

51
BMKG

BMKG: Perlahan Berangsur Menurun

KALIANDA – Angin kencang disertai dingin tengah menyelimuti wilayah Kecamatan Kalianda. Kondisi ini kerap terjadi saat malam hingga pagi hari. Bahkan pada siang hari, hawa dingin masih sedikit terasa.

BMKG Maritim Lampung juga telah mengelurkan pemberitahuan terkait kondisi cuaca saat ini. Namun kondisi ini diprediksi bakal berangsur normal dalam waktu dekat.

          Khusus di wilayah sekitar Kalianda, kecepatan maksimal angin mencapai 15 knots, atau 27,78 kilometer per jam. Bahkan, di wilayah pantai Marina, kecepatan angin maksimal mencapai 20 kilometer per jam. Jika melihat gambaran tersebut, wajar jika angin kencang kerap terjadi.

BACA :  Pertengahan Oktober, 13 Kades Terpilih Disumpah

          Selain angin kencang, dari grafis prakiraan cuaca juga terlihat bahwa wilayah perairan Kalianda juga memiliki gelombang yang cukup tinggi. Di wilayah perairan perikanan dermaga BOM Kalianda, tinggi gelombang mencapai 0,7 meter, dengan kecepatan angin maksimal 15 kilometer.

Sementara di dermaga PPI Muara Piluk, Kecamatan Bakauheni, gelombang maksimal mencapai 0,6 meter, dengan kecapatan angin maksimal 10 kilometer per jam.

          “Prakiraan cuacanya memang sedang tinggi. Tapi perlahan berangsur menurun,” kata Kepala Operasional BMKG Maritim Lampung, Ilham Syarief Putra, saat dihubungi Radar Lamsel, kemarin.

BACA :  Mau Jual Motor Panas, Keburu Diciduk Polisi

Sedangkan prakiraan cuaca di pelabuhan utama dan penumpang, gelombang di wilayah perairan pelabuhan Bakauheni cenderung stabil. Tinggi gelombang maksimal di pelabuhan paling sibuk se-Sumatera ini hanya 0,7 meter, dengan kecepatan angin 15 knots.

Sedangkan di pelabuhan Merak, Banten, maksimal tinggi gelombang hanya 0,8 meter, dengan kecepatan angin maksimal 10 knots. Prakiraan secara keseluruhan di wilayah perairan Lampung Selatan dan sekitarnya memiliki dua kategori, aman dan waspada. (rnd)

BAGIKAN