Antisipasi Bencana Musim Penghujan, BPBD Gencarkan Koordinasi

714
Kepala BPBD Lamsel Drs. H. M. Darmawan, MM

KALIANDA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan mulai melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk mengantisipasi terjadinya bencana jelang musim penghujan. Itu dilakukan untuk meminimalisir berbagai kemungkinan bencana yang bisa terjadi.
Kepala BPBD Lamsel Drs. H. M. Darmawan, MM mengungkapkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Pertanian. Itu dilakukan agar seluruh satker lebih siap siaga menghadapi musim penghujan.
“Kami juga telah mempersiapkan semua peralatan dan personil dalam rangka antisipasi bencana menjelang musim penghujan ini. Ini semua kami lakukan agar bisa meminimalisir berbagai kemungkinan yang terjadi,”ungkap Darmawan melalui sambungan telepon, Rabu (11/11).
Selain itu, tambah Darmawan, pihaknya juga telah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk membersihkan saluran air disekitar rumah. Bahkan, masyarakat juga diminta untuk tidak berada di tanah lapang saat hujan. Karena dikhawatirkan bisa tersambar petir.
“Kami sudah melayangkan surat himbauan kepada seluruh camat yang berada di 17 Kecamatan se-Lamsel. Kami minta, camat meneruskan ke desa-desa melalui kepala desa,”imbuhnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, apabila terjadi musibah banjir pihaknya meminta kepada para camat dan dinas/instansi terkait untuk selalu melakukan koordinasi tentang bagaimana penanggulanganya.
“Kita libatkan seluruh jajaran ditingkat kecamatan dan dinas terkait. Sebab, mereka yang tahu betul lokasi apabila terjadi suatu bencana. Mereka juga orang yang tahu lebih dahulu karena pemimpin di kecamatan,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Kans Menjadi Wabup? Hipni Normatif
BAGIKAN