Arus Penyeberangan Bakauheni Meningkat 3 Persen

90
ILUSTRASI

BAKAUHENI – Arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni mengalami peningkatan sebesar 3 persen. Pihak PT. ASDP Cabang Bakauheni mengklaim peningkatan ini mengikuti tren seperti tahun sebelumnya, dimana selalu terjadi peningkatan arus penyeberangan setiap memasuki bulan suci Ramadhan.

Humas PT. ASDP Cabang Bakauheni Syaifullail Maslul menjelaskan, peningkatan sebanyak 3 persen itu dilihat dari jumlah penyeberangan yang mencapai 4.000 kendaraan dalam setiap harinya.

Menurut Syaiful, total kendaraan itu terbagi antara dua kelompok, yakni kendaraan pengangkut barang dan kendaraan pribadi. “Meningkat 200 kendaraan dari hari biasa,” katanya saat di konfirmasi Radar Lamsel, Selasa (15/5).

Meski persentasenya meningkat, arus kendaraan yang mengantre saat hendak menyeberang tetap berjalan normal. “Untuk saat ini masih normal, biasanya tren terdahulu kalau mau puasa naik signifikan, tapi sekarang biasa saja,” katanya.

Biasanya, lanjut dia, kenaikan arus penyeberangan akan mulai terasa saat H-14 dan mendekati hari raya Idul Fitri. Syaiful menjelaskan, pada H-14 yang banyak menyeberang adalah kendaraan logistik.

Pada waktu seperti itu, menurut Syaiful kebutuhan logistik akan mulai mengalami peningkatan pesanan antar pulau. “Prediksinya awal Juni atau dua minggu sebelum lebaran, itu waktu yang bertepatan untuk pengiriman logistik yang sudah mulai peningkatan, karena permintaan sembako cukup tinggi menjelang lebaran,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN