ASDP Siapkan Kapal Tug Boat dan Basarnas

709
Dok. Radar Lamsel – PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni mulai bersiap hadapi angkutan liburan akhir tahun (Natal dan Tahun Baru). Pengelola usaha milik negara ini akan membuka lima dermaga yang ada untuk mengoperasikan 53 armada kapal ferry.

Liburan Natal dan Tahun Baru

BAKAUHENI – PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni mulai bersiap hadapi angkutan liburan akhir tahun (Natal dan Tahun Baru). Pengelola usaha milik negara ini akan membuka lima dermaga yang ada untuk mengoperasikan 53 armada kapal ferry.

Untuk melayani penumpang, baik pengguna kendaraan dan pejalan kaki, PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni membuka 14 loket tiket untuk penumpang jalan kaki dan 14 pintu tolgate kendaraan.

General Manager (GM) PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Eddy Hermawan mengatakan, pihaknya akan menambah 8 loket tiket bagi penumpang pejalan kaki dan menambah 5 pintu tolgate khusus kendaraan roda dua.

BACA :  Hendry dan PAN Saling Sanjung

“Untuk loket kendaraan akan kami tambah lima fortabel khusus untuk kendaraan roda dua. Sedangkan penumpang pejalan kaki akan kami tambah 8 loket tiket sehingga totalnya menjadi 14 loket penumpang. Sementara untuk jumlah kapal yang beroperasi setiap hari sebanyak 27-28 armada kapal yang membuka pelayanan di lima dermaga,” kata Eddy Hermawan, Selasa (13/12).

Sebagai langkah antisipasi kapal gagal sandar akibat cuaca buruk, pihak ASDP telah menyiapkan satu unit kapal Tug Boat di pelabuhan Bakauheni. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak KSOP jika terjadi cuaca buruk selama angkutan akhir tahun. Mereka (KSOP) sudah mengantisipasi dengan menyiapkan 1 unit Basarnas yang stanbye seputar pelabuhan Bakauheni. Kami juga selalu berkoodinasi dengan pihak BMKG terkait prakiraan cuaca,” terang Eddy.

BACA :  Masyarakat Harus Ikut Merawat Jembatan Patriot

Selama angkutan liburan Natal dan Tahun Baru nanti, Eddy Hermawan memprediksikan akan terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan sekitar 3-5 persen dari hari biasanya. “Kami prediksikan akan terjadi peningkatan penumpang sekitar 3-5 persen dari hari biasanya,” pungkasnya.(man)

BAGIKAN