Awas Penalti DAU!

449
Edwin Apriandi – DPRD Lampung Selatan menggelar rapat paripurna penyampaian RAPBD Perubahan tahun 2017 di gedung DPRD Lamsel kemarin. Paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Lamsel H. Hendry Rosyadi dan dihadiri Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

Serapan Anggaran Minim, Tambahan Belanja Perubahan Capai Rp 133 Miliar

KALIANDA – Delapan fraksi di DPRD Lampung Selatan sepakat untuk membahas rancangan APBD Perubahan tahun 2017. Kesepakatan itu diungkapkan dalam rapat paripurna penyampaian RAPBD Perubahan di gedung DPRD Lampung Selatan, Senin (21/8) kemarin.

Kedelapan fraksi itu antara lain Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi PKS, Fraksi NasDem dan Fraksi Gabungan PKB dan Hanura.

Meski begitu sejumlah fraksi menyoroti RAPBD Perubahan yang akan mulai dibahas hari ini. Utamanya mengenai penyerapan anggaran yang dinilai masih cukup jauh dari harapan sehingga berimbas kepada rakyat.

Karena minimnya serapan anggaran ini Pemkab Lampung Selatan diminta untuk benar-benar serius dalam melakukan penyerapan anggaran. Terlebih lagi ada rencana pemokusan pembangunan infrastruktur di Kota Kalianda yang nilainya mencapai Rp 80 Miliar.

“Kami mencermati efektifitas serapan anggaran ini. Nanti, setelah APBD-P disahkan, kami harap Pemkab benar-benar menjalankan program dengan cepat. Jangan sampai DAU (dana alokasi umum) kita dipotong karena tidak bisa menyerap anggaran,” ungkap Jubir Fraksi Demokrat Jenggis Khan Haikal dalam pandangan umumnya.

Demokrat memandang perlunya implementasi anggaran yang konkret atas APBD yang telah disahkan. “Kita tahu, APBD Perubahan ini memiliki waktu yang sangat mepet. Ini harus menjadi perhatian Pemkab,” ungkap Jenggis.

BACA :  Silaturahmi dengan Veteran, Nanang Apresiasi Pencipta Lagu Mars Lampung Selatan

Serapan minimnya anggaran ini juga menjadi sorotan Fraksi PKS DPRD Lamsel. Fraksi yang dipimpin Andi Apriyanto ini mengungkapkan bahwa saat ini geliat pembangunan di desa mulai terasa dan nampak terlihat.

Namun geliat pembangunan itu belum nampak terlihat dengan euforia pembangunan yang bersumber dari APBD Lampung Selatan. “Kami percaya Lampung Selatan bisa,” ungkap Jubir FPKS Muhammad Akyas.

Kendati begitu FPKS mengapresiasi kinerja Pemkab Lamsel dibawah kepemimpinan Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan dan Wabup Nanang Ermanto. Apresiasi ini terkait program peningkatan kualitas SDM Lampung Selatan. “Program back to Masjid adalah cara terbaik untuk meningkatkan SDM yang kami apresiasi,” ungkap Akyas.

Begitu juga dengan fraksi-fraksi lainnya. Mereka mendorong Pemkab untuk terus melakukan terobosan penerimaan pendapatan daerah dari semua sumber-sumber pendapatan. Baik dari pajak, retribusi, bagi hasil maupun pendapatan lainnya yang sah.

Dibagian lain Wabup Lamsel Nanang Ermanto yang mewakili Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan dalam rapat paripurna itu menyampaikan bahwa APBD Perubahan tahun 2017 mencapai Rp 2,111 Triliun. Jumlah ini bertambah sekitar Rp 133 Miliar dari APBD murni tahun 2017.

BACA :  Kades Kalianda dan Rajabasa Dilantik Hari Ini

Konsekuensi dari penambahan ini tentu berimbas kepada belanja. Pemkab juga telah memporsikan tambahan pendapatan itu pada belanja langsung sebesar Rp 106 Miliar lebih dan belanja tidak langsung sebesar Rp 27 Miliar lebih.

Orang nomor dua di Bumi Khagom Mufakat ini juga mengungkapkan bahwa penambahan belanja itu akan difokuskan pada pembenahan dan pembangunan infrastruktur di Lampung Selatan. Termasuk meningkatkan sarana kesehatan guna mendukung rencana peningkatan status tipe RSUD dr. Bob Bazar Kalianda.

“Juga untuk meningkatkan bidang pelayanan kependudukan dan penerapan mekanisme perencanaan berbasis e-planning yang membutuhkan sofware maupun hardware,” kata Nanang.

Terkait saran dan masukan DPRD Lamsel, Nanang mengungkapkan bahwa apapun yang menjadi masukan dari DPRD akan menjadi pertimbangan Pemkab dalam menjalani amanah rakyat guna pembangunan yang lebih berkeadilan di Lampung Selatan.

“Kata kuncinya kan kegotong-royongan. Ini menjadi bahan kami guna melangkah menjalankan amanah rakyat. Atas masukan dari seluruh anggota DPRD kami sangat mengapresiasi,” ungkap politisi PDIP ini. (edw)

 

BAGIKAN