Bagikan Rastra, Kekiling Pastikan Pembagian Tepat Sasaran

516
Randi Pratama – Kepala Desa Kekiling Idham Husni (paling kanan) menyerahkan penyaluran bantuan rastra kepada warganya di kantor desa setempat, Selasa (6/3) kemarin.

PENENGAHAN – Pemerintah Desa Kekiling membagikan rastra (beras sejahtera) kepada 160 keluarga penerima manfaat (KPM) yang dilakukan di kantor Desa Kekiling, Selasa (6/3) kemarin. Aparat Desa Kekiling membagikan 10 kilogram beras kepada setiap KPM.

Kepala Desa Kekiling Idham Husni memastikan pembagian rastra itu juga tepat sasaran, pasalnya Pemerintah Desa Kekiling telah melakukan pencoretan terhadap 67 KPM pada daftar penerima sebelumnya. Itu dilakukan karena nama-nama yang ada didaftar penerima sudah ada yang meninggal dunia, berpindah tempat tinggal, sudah mampu dan nama penerima yang lebih dari satu alias double.

“Kami mengerahkan kepala dusun hingga RT ketika melakukan pendataan ulang. Mereka langsung mensurvei ke lokasi rumah, jadi bisa dipastikan penerima baru ini benar-benar tepat sasaran,” katanya kepada Radar Lamsel.

Idham melanjutkan, pembagian rastra yang diserahkan kepada 160 KPM itu tanpa pungutan biaya alias gratis. Hal ini merujuk pada arahan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang melarang pungutan biaya pembagian rastra kepada masyarakat.

BACA :  Nanang : Semoga Amanah !

“Kami menjalankan amanah, karena bapak bupati (Zainudin Hasan) telah mengingatkan bahwa pembagian rastra kepada masyarakat tidak boleh ada biaya,” kata Idham kepada Radar Lamsel.

Plt. Camat Penengahan Muhammad Yusuf, S.STP mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Kekiling dalam melakukan pendataan ulang terhadap penerima rastra yang baru. Menurutnya, keputusan itu merupakan langkah yang tepat karena aparat desa melakukan survei secara langsung agar bantuan rastra yang diserahkan benar-benar tepat sasaran.

BACA :  Kades Terpilih di Ibu Kota Lamsel Disumpah

“Langkah yang dilakukan kepala desa dan aparatnya sudah tepat, sehingga masyarakat yang kurang mampu dapat merasakan bantuan dari pemerintah secara real dan gratis,” katanya.

Informasinya, Desa Kekiling merupakan desa pertama di Kecamatan Penengahan yang membagikan rastra kepada masyarakatnya. Pembagian rastra dilakukan secara merata terhadap seluruh warga di desa yang memiliki 5 dusun itu. (rnd)

BAGIKAN