Balai Besar Perbaiki Tanggul Way Pisang yang Jebol

206

PALAS – Jebolnya tanggul Sungai Way Pisang akibat dihantam banjir yang terjadi pada Sabtu (1/12) lalu, akhirnya mendapatkan penanganan dari Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Konstruksi dan Bangunan Kecamatan Palas Reo Vahlevi mengatakan, pihak Balai Besar Wilayah Sungai Way Pisang melakukan perbaikan tanggul sejak empat hari lalu.

“Sudah berjalan empat hari. Saat ini Balai besar masih melakukan penimbunan tanggul mengunakan exavator di Dusun Rantaumakmur, Desa Sukabakti dimana terdapat tanggul sepanjang 5 meter yang jebol,” ujar Reo Vahlevi kepada Radar Lamsel, Senin (10/12).

BACA :  Kecelakaan Maut di Tol Tangerang Tewaskan Warga Palas

Reo menjelaskan, akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu menyebabkan jebolnya dua titik tanggul penangkis Way Pisang. Yakni, di Desa Sukabakti sepanjang 5 meter  dan di Desa Sukaraja sepanjang 40 meter dan merendam 306 hektar tanaman padi.

“Berdarsarkan informasi dari pihak Balai Besar seluruh kerusakan akan diperbaiki termasuk kerusakan pintu air di Desa Sukaraja dan Palas Pasemah,” terangnya.

BACA :  Manfaatkan DD, Baliagung Bangun Jalan Pertanian

Reo mengungkpakan, pihaknya juga mengusulkan kepada Balai Besar untuk melakukan normalisakasi di sepanjang Sungai Way Pisang. Reo mengharapkan dalam proses perbaikan tanggul ini ada kerjasama petani memberikan izin untuk alat exavator masuk kelahan pertanian.

“Banjir kemarin disebabkan aliran sungai sudah mengalami pendangkalan. Harapan kami Balai besar juga dapat melakukan normalisasi. Disilain saya juga mengharapkan petani juga bisa diajak berkerjasama memberikan jalan untuk alat berat melintasi lahan,” tutupnya. (vid)

BAGIKAN