Balinuraga Percepat Realisasi DD Tahap II

597

Foto 4WAYPANJI – Pemerintah Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji terus berbenah dalam bidang pembangunan dan pembinaan masyarakatnya.

Itu dibuktikan dengan percepatan realisasi Dana Desa tahap II 40 persen yang tengah dirampungkan baik secara fisik maupun non fisik.

Kepala Desa Balinuraga Made Santre mengatakan upaya tersebut dilakukan agar gelontoran DD yang dikucurkan pemerintah bisa segera dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Begitu DD cair, kami segera menyelesaikan pekerjaan fisik maupun non fisik. Supaya DD ini benar-benar dirasakan  manfaatnya oleh warga dalam bentuk peningkatan infrastruktur seperti yang digaungkan Bupati Lamsel,” kata Made Santre kepada Radar Lamsel, di Balai Desa Balinuraga, Jum’at (17/11).

Foto 1 Kades Balinuraga Made Santre

Untuk DD tahap II, lanjut Santre aparat desa beserta masyarakat tengah membangun paving block di halaman balai desa seluas 590 meter tepatnya di Dusun II.

“Untuk fisik di tahap kedua ini kami tengah merampungkan pemasangan paving block yang luasnya hampir 600 meter, nantinya halaman balai desa bisa dimanfaatkan untuk acara-acara besar yang dapat menampung hingga ribuan warga,” ucapnya.

BACA :  BMKG Pantau Aftershock Pasca Gempa

Masih kata Santre, selain tengah merampungkan realisasi fisik. Pihaknya juga terus melakukan pembinaan, utamanya soal pemicu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2017. “Kami juga menargetkan pembinaan terhadap sanitasi, agar di 2017 ini Balinuraga sudah bisa mencapai ODF,” terangnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Desa (Sekdes) Balinuraga Made Sumide, menurutnya apa yang tengah dikerjakan oleh aparatur desa tak terlepas dari kerjasama semua pihak yang ingin memajukan desa.

“Semua pihak berperan, baik itu berbentuk doa, gotong-royong bahkan ide-ide maupun gagasan yang diberikan untuk kemajuan desa. Kami berterimakasih kepada masyarakat juga pemerintah atas perkembangan desa sejauh ini,” imbuhnya.

BACA :  SDN 2 Tajimalela Di-merger Tahun Ini

Sementara Kepala Urusan (Kaur) Adminsitrasi Desa Balinuraga Ketut Seneng menerangkan percepatan pembangunan ini sudah sewajarnya dilakukan oleh aparat desa. Sebab jika ditunda-tunda kata dia, dapat menjadi beban aparat desa.

Foto 2

“Pemasangan informasi terkait realisasi DD tidak hanya di balai desa, ditempat-tempat umum seperti di tugu desa juga kami pajang besaran dan peruntukan DD tahap I dan II,” ungkapnya.

Apresiasi diberikan Camat Way Panji Isro Abdi kepada aparatur Desa Balinuraga yang tengah menyelesaikan realisasi DD tahap II 2017. Isro berharap kekompakan antar warga dan aparat desa terus dipupuk dengan memperbanyak kegiatan gotong-royong tiap pekannya.

“Sudah bagus, baik secara fisik maupun non fisik Balinuraga bisa dikatakan cepat dalam pengerjaannya. Hal ini juga mendorong keingin tahuan warga terkait realisasi DD, sudah sejauh mana?,” sebut Isro Abdi. (ver)

BAGIKAN