Bangun Pondasi dan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan

239

KALIANDA – SMPN 1 Kalianda terus menerapkan program pembentukan karakter siswa melalui kegiatan shalat dzuhur berjamaah disekolah bagi siswa-siswinya yang beragama muslim.

Kepala SMPN 1 Kalianda Sakwan, M. Pd menuturkan, program keagamaan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter siswa-siswi melalui media agama.

Menurutnya, pendekatan keagamaan menjadi salah satu metode yang paling efektif dan efesien untuk diterapkan kepada siswa dalam rangka meningkatkan karakter siswa dibidang keagamaan.

“Dengan melaksanakan shalat dzhur berjamaah disekolah diharapkan segala urusan, termasuk urusan pembentukan karakter siswa niscaya akan terwujud. Ini sebagai upaya pihak sekolah dalam mengimplementasikan konsep-konsep agama dalam kehidupan melalui metode pembelajaran,” ujar Sakwan kepada Radar Lamsel dirunag kerjanya, Kamis (12/4) kemarin.

Dia menjelaskan, program keagamaan ini juga termasuk salah satu program sekolah dalam rangka membangun pondasi siswa-siswi menjadi anak yang disiplin, religius dan cerdas serta untuk meningkatkan ketaqwaan dan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. “Program ini untuk membiasakan siswa-siswi melakukan ibadah berjamaah, agar mereka juga terbiasa saat berada di rumah,” jelasnya.

Diungkapkannya, selain melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, para siswa juga diterapkan program shalat dhuha setiap satu bulan sekali. Menurut Sakwan, dhuha itu penting untuk dilaksanakan karena banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan, dalam kegiatan itu juga diisi dengan taklim dhuha.

“Inti dari taklim dhuha tidak lain hanya untuk menyampaikan nilai-nilai moral kepada siswa. Harapannya kegiatan ini bisa istiqomah, sehingga seluruh keluarga besar SMPN 1 Kalianda dapat menumbuhkan rasa cinta dan selalu rindu dalam menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah S.A.W, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun pada kehidupan sahari-hari,” harapnya. (iwn)

BAGIKAN