Bantuan DD dan ADD, Wujudkan Harapan Masyarakat Miliki Jalan Mulus

480

GELIAT pembangunan di Desa Kemukus mulai terlihat sejak dua tahun terakhir. Gelontoran dana sebesar Rp1,2 Milyar lebih dari pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2017 dikelola untuk sejumlah program.

3Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan dan perbaikan fasilitas umum seperti kantor balai desa. Tahun ini, Pemerintah Desa Kemukus dibawah pimpinan Kepala Desa Imam Junaidi membangun jalan lapen sepanjang 2.280 meter di Dusun 1 menghubungkan Dusun 2. Jalan yang sebelum berbentuk batu onderlah kini sudah nyaman dilalui warga.

Meski sudah dibangun sepanjang 2,2 kilometer jalan lapen, desa yang memiliki empat dusun ini masih panjang jalan yang butuh dibangun. Total sekitar 10 kilometer lagi jalan yang butuh dibangun pemerintah desa dan kabupaten. Sepanjang 10 kilometer jalan yang butuh dibangun tersebut rinciannya, 8 kilometer masih berbentuk jalan onderlah dan 2 kilometer masih jalan tanah.

BACA :  88 Kades Terpilih Dilantik Bulan Ini

Bahkan dari 8 kilometer jalan onderlah, sepanjang 3,5 kilometer merupakan jalan kabupaten yang merupakan jalan poros penghubung antar desa.

Kepala Desa Kemukus Imam Junaidi mengatakan, tahun ini pemerintah desa mengalokasikan dana sebesar Rp 697.667.512 untuk program pembangunan fisik berupa jalan lapen sepanjang 2.280 meter dan rehabilitasi kantor desa.

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah (PR) membangun jalan sepanjang 10 kilometer yang kondisinya masih jalan tanah dan onderlah. “Jalan yang masih tanah sepanjang 2 kilometer dan jalan kondisi sudah onderlah 8 kilometer termasuk jalan kabupaten sepanjang 3,5 kilometer. Sejak Desa Kemukus dimekarkan dari Desa Karangsari tahun 2002, baru sekali dapat program pembangunan jalan lapen sepanjang 1.300 meter di Dusun 3 tahun 2013. Saat ini kondisi jalan lapen itu rusak parah dan menyisakan batu onderlah,” kata Imam Junaidi.

BACA :  Dua Ribuan KPM Undur Diri dari PKH

“Kami sangat prihatin karena tidak ada perhatian dari pemerintah. Kami bersyukur dengan adanya dana desa ini. Kami bisa membangun jalan sesuai harapan masyarakat,” imbuhnya.

Suami Warsini ini mengungkapkan, rencananya Pemkab Lampung Selatan akan membangun jalan poros Desa Kemukus tahun 2018 mendatang. “Informasinya tahun 2018 jalan poros Desa Kemukus akan dibangun Pemkab Lamsel. Mudah-mudahan pembangunan itu terealisasi karena masyarakat sudah lama mendambakan jalan mulus. Selama ini jalan poros tidak nyaman dilalui karena masih berbentuk onderlah,” katanya.

Dengan bantuan program DD dan ADD setiap tahunnya, Imam Junaidi memiliki cita-cita dan mewujudkan harapan masyarakat yakni menyelesaikan pembangunan jalan hingga akhir masa jabatannya tahun 2021 mendatang. “Mudah-mudahan dana desa lancar sehingga pembangunan di desa kami berjalan lancar. Saya menargetkan pembangunan jalan desa selesai hingga akhir masa jabatan saya tahun 2021,” terangnya. (*)

BAGIKAN