Baru Delapan Desa, Warga Candipuro Terima KIS

690
Agus Pamintaher – Kepala Desa Beringin Kencana, Sutanto menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga kurang mampu.

CANDIPURO – Warga kurang mampu di delapan Desa yang ada di Kecamatan Candipuro telah mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kartu jaminan kesehatan yang digagas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut baru diterima oleh warga di delapan Desa. Sementara warga di enam Desa yang mendapatkan masih menunggu kiriman KIS.
Camat Candipuro, Affendi, SE mengatakan, KIS merupakan pengganti Kartu Jamkesmas bagi masyarakat yang kurang mampu. Hal tersebut merupakan program Pemerintah yang digagas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bagi masyarakat untuk mendapatkan pengobatan gratis.
“KIS ini merupakan program dari Bapak Presiden dan diberikan kepada keluarga kurang mampu. Harapannya tentu, mereka bisa menggunakan untuk berobat gratis ke Puskesmas yang ada di Kecamatan. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kedsehatan dari Pemerintah,”kata Affendi, Senin (7/12).
Kepala UPT Puskesmas Casndipuro, Hi. Sunardi mengatakan, KIS telah dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang ada di delapan Desa. Pembagian KIS tersebut, merupakan tahap awal dan akan terus berlanjut. Sehingga seluruh warga kurang mampu di Kecamatan Palas bisa mendapatkannya.
“Kartu ini hanya untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas, hingga rawat inap di Rumah Sakit Tipe C. Karena itu semua sudah diatur dari Pemerintah Pusat,” ujar mantan Kepala UPT Puskesmas Sragi.
Kepala Desa Beringin Kencana, Sutanto yang membagikan KIS kepada penerima mengharapkan agar penerima bisa memanfaatkan kartu untuk berobat. Pembagian KIS sesuai dengan penerima dan tidak diberikan kepada yang tidak berhak.
“Karena dari sana sudah ada nama penerima, maka mereka yang tertera yang memilikinya. Padahal, masih banyak warga yang kurang mampu tidak mendapatkan kartu. Tetapi kami tidak bisa berbuat banyak dan berharap ada penambahan KIS bagi warga kami yang kurang mampu,”kata Sutanto. (gus)

BAGIKAN