Batas Pengumuman DPT Pilkades Sampai 16 Juni

145
Kabag Otda Lamsel Setiawansyah

KALIANDA – Bagian Otonomi Daerah (Otda) Lampung Selatan bakal mendeklarasikan Pilkades damai serentak untuk 437 calon kepala desa yang tersebar di 17 kecamatan.

          Kepala Bagian Otda Lamsel Setiawansyah menjelaskan saat ini tahapan pilkades serentak tengah sampai pada pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dimulai 10 Juni sampai 16 Juni mendatang.

          ” Saat ini prosesnya sudah masuk pada tahapan pengumuman DPT di masing-masing desa. kami beri waktu sepekan sampai 16 Juni mendatang,” ujarnya di Otda Lamsel, Selasa (11/6) kemarin.

           Setiawan juga memaparkan rencana deklarasi damai untuk ratusan cakades juga bakal digelar dalam waktu dekat. Meski begitu kepastian tanggal deklarasi tersebut masih dalam tahap penentuan.

BACA :  DPR RI Tangani Ancaman Penambang Pasir Krakatau

          ” Kami juga akan mendeklarasikan Pilkades damai tahun ini yang akan diikuti oleh seluruh calon. Tujuannya agar pilkades tetap kondusif dan tetap kompetitif,” sebut dia.

          Mantan Camat Rajabasa ini mengutarakan pengumuman DPT merupakan syarat tertib administrasi agar tidak terjadi ketimpangan dalam pelaksanaannya pada 26 Juni mendatang.

          ” Pengumuman DPT sejatinya bertujuan untuk tertib administrasi supaya tidak terjadi ketimpangan saat pelaksanaannya nanti,” katanya lagi.

          Disinggung inisiatif mengundang para calon untuk deklarasi damai? Setiawansyah menuturkan rencana itu juga bakal melibatkan Forkopimcam yang ada di 17 kecamatan.

BACA :  Nama Wakil Golkar di Pimpinan DPRD Lamsel Turun Lusa

          ” Kami bertujuan untuk mensukseskan agenda bersejarah ini. Pilkades serentak kali ini merupakan rekor dengan peserta terbanyak yang pernah diselenggarakan di Lamsel. Karenanya jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan, untuk itulah deklarasi damai diinisiasikan,” sebut dia.

          Setiawan mengumpamakan apabila Pilpres dan Pileg saja berjalan kondusif dan lancar, tentunya kans ketertiban Pilkades serentak dapat diwujudkan dengan acuan tersebut.

          ” Kalau untuk Pilpres dan Pileg saja aman, masak Pilkades tida bisa? Harapan kami semua elemen mensukseskan kontestasi ditingkat desa tersebut,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN