Beri Kemudahan Pelayanan Adminduk, Disdukcapil Jebol Desa

5
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Kepala Disdukcapil Ketut Partayasa meninjau program jemput bola pelayanan perekaman E-KTP dan adminduk.
GEDONGTATAAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran memberikan pelayanan perekaman e-KTP dan administrasi kependudukan (Adminduk) melalui program jemput bola (Jebol) ke desa-desa.
 
“Kami akan selalu siap memberikan pelayanan adminduk kepada masyarakat melalui program Jebol,” ungkap Kepala Disdukcapil Pesawaran, Ketut Partayasa.
 
Dikatakan, pelayanan adminduk melalui program Jebol tersebut dilaksanakan secara terjadwal. Selain terjadwal di 11 kecamatan, Disdukcapil juga memberikan pelayanan jebol berdasar permohonan aparat desa atau kelompok masyarakat.
 
“Memang program jebol sudah kita jadwalkan secara rutin. Tetapi juga melayani permintaan aparat Desa maupun kelompok masyarakat,” ucapnya. 
 
Aparat desa maupun kelompok masyarakat yang hendak mengajukan permohonan pelayanan adminduk melalui jebol, dapat mengajukan permintaan secara tertulis atau via call senter ke Kantor Disdukcapil Pesawaran.
 
“Artinya semua dipermudah sesuai arahan bapak bupati, Disdukcapil siap hadir di tengah-tengah masyarakat meskipun pada hari libur, yakni Sabtu dan Minggu,” pungkasnya. 
 
Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bunyamin mengatakan bahwa program jemput bola tersebut dilakukan untuk menyisir masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik.
 
” Hingga saat ini masih tersisa kurang dari 10 persen warga di Kabupaten Pesawaran yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik,” ujarnya.
 
Dikatakan, selain melakukan perekaman KTP Elektronik, program jemput bola juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan pembuatan administrasi kependudukan, seperti pembuatan kartu keluarga, pembuatan surat pindah, akta kelahiran, dan lainnya.
 
“Program jemput bola ini sudah berjalan empat tahun ini. Kami juga memberikan pelayanan kepada masyarakat ketika ada kegiatan-kegiatan dari pemda, seperti dalam kegiatan lomba desa, peringatan hari besar Islam, dan kegiatan lainnya,” papar Bunyamin.
 
Selanjutnya, Bunyamin menyampaikan pesan kepada masyarakat agar segera melakukan perekaman KTP Elektronik. Pasalnya, KTP merupakan dasar dan persyaratan untuk mengurus surat-surat lainya, seperti pembuatan BPJS, pembuatan SIM, dan lainya.
 
“Melalui program jemput bola, kami juga siap memberikan pelayanan langsung secara door to door bagi masyarakat yang tidak bisa datang untuk melakukan perekaman KTP Elektronik karena sakit atau menderita cacat fisik sehingga tidak bisa datang langsung,” tandasnya. (Adv)
BACA :  Tingkatkan Sistem Administrasi Pengelolaan Pajak, Pegawai Bapenda Diberi Pelatihan Simpad
BAGIKAN