Beri Pengobatan Gratis Paska Banjir

98

PALAS – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Palas berkerjasama dengan UPT Pusksemas Kecamatan Way Panji memberikan pengobatan gratis paska banjir di Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas, Senin (26/3).

Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Palas Bambang Prianto mengatakan, pengobatan gratis tersebut guna menanggulangi wabah penyakit pasca banjir kepada masyarakat Bandan Hurip.

“Banjir yang terjadi pekan lalu genangan airnya tidak mengalir dan kotor sehingga ada kemungkinan wabah penyakit lebih tinggi,” kata Bamabang kepada Radar Lamsel saat dilokasi.

Selain itu, lanjut Bambang, pengobatan gratis pasca banjir tersebut untuk mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan seperti diare. Dalam kegiatan tersebut terdapat 2 orang bidan dan 1 perawat dari Puskesmas Way Panji untuk melayani keluhan masyarakat.

“Karena kebutuhan air  masyarakat ikut tercemar dikhawatirkan masyarakat terjangkit penyakit diare. Namun dari 106 warga yang datang ke posko hari ini (Senin’red) sebagian besar mengeluhkan penyakit kulit dan sakit kepala,” tuturnya.

Diterangkan Bambang, kegiatan akan dilakukan bergilir selama tiga kali,  bekerja sama dengan 3 puskesmas di Lampung Selatan antara lain, Puskesmas Way Panji, Puskesmas Penengahan dan Puskesmas Bumi Daya.

“Tiga Puskesmas tersebut akan piket secara bergilir. Untuk  hari ini (Senin’red) Puskesmas Way Panji, hari Rabu (28/3) Puskesmas Penengahan dan yang terahir hari Senin (2/4) Puskesmas Bumi Daya,” paparnya.

Sementara itu Kepala Desa Bandan Hurip Sugianto mengatakan banjir surut sejak empat hari yang lalu, tinggal menyisakan genangan air di beberapa titik.

“Banjir sudah surut sejak empat hari yang lalu, tinggal di Rt 8 dan Rt 9 yang masih ada genangan air dengan ketinggian 10 centimeter,” pungkasnya. (CW1).

BAGIKAN