Beririsan dengan Proyek JTTS, DPU-PR Batal Perbaiki Jalan di Empat Titik

0

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan membatalkan sejumlah pembangunan infrastruktur disejumlah kecamatan tahun 2017 ini.

Pembatalan dilakukan lantaran lokasi pembangunan infrastruktur jalan itu beririsan dengan pembangunan jalan trans tol sumatera (JJTS) yang tengah dilakukan pemerintah pusat.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU-PR) Lamsel beralasan pembatalan dilakukan untuk menghindari kerusakan jalan yang dibangun karena dilintasi alat-alat berat kontraktor JTTS.

“Kalau tetap kita laksanakan percuma. Jalan yang dibangun bagus sebentar, lalu rusak lagi,” kata Kepala DPU-PR Lamsel H. Hermansyah Hamidi kepada Radar Lamsel pekan lalu.

Hermansyah lantas merinci sejumlah pembangunan infrastruktur yang sedianya dilaksanakan tahun 2017 namun ditunda. Yaitu ada di Kecamatan Kalianda, Candipuro, Katibung dan Tanjungbintang. “Kalau tidak salah ada empat titik. Empat titik ini memang berdekatan dengan proyek JTTS. Bisa dilintasi oleh alat berat mereka,” ungkap mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lamsel ini.

Karena pembatalan itu, kata Hermansyah, Pemkab Lamsel akan mengalihkan pembangunan infrastruktur jalan tersebut ke sejumlah wilayah lain yang membutuhkan pembangunan.

Namun, pengalihan rencana pembangunan itu harus melalui proses perubahan dalam APBD Perubahan. “Nanti dirubah dalam APBD perubahan,” ungkap mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan itu.

Ditempat terpisah, Camat Candipuro Wasidi juga mengamini adanya penundaan pembangunan infrastruktur jalan kabupaten diwilayah Kecamatan Candipuro. Dia justru mendukung pembangunan itu dibatalkan lantaran meski tetap dibangun tetap tidak akan maksimal. “Jalan bisa rusak. Yang kondisi jalan sekarang saja sudah hancur,” ungkap Wasidi.

Dia juga mengaku telah meminta pihak rekanan JTTS untuk mengembalikan kondisi jalan kabupaten seperti sediakala sebelum jalan rusak oleh pengangkutan alat berat. “Sudah kita bahas dengan rekanan. Mudah-mudahan mereka tidak ingkar untuk memperbaiki jalan yang dirusak,” pungkasnya. (edw)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel