Berisiko Kejiwaan, Empat Pegawai Diistirahatkan

26
Kemas Yogi - Tim medis dari Puskesmas Natar saat skrining HIV Aids dan skrining kejiwaan kepada Camat Natar Eko Irawan diruang kerjanya, Kamis(12/9).

32 Pegawai Kantor Kecamatan Natar Tes Kejiwaan

NATAR – Empat dari 32 pegawai di Kantor Camat Natar terpaksa diliburkan sementara. Pengistirahatan keempat pegawai itu dilandasi hasil pemeriksaan kejiwaan, mereka didiagnosa mengalami gangguan kecemasan ringan.

Langkah untuk meliburkan empat pegawai tersebut harus dilakukan oleh Camat Natar Eko Irawan agar tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat dan memberi ruang agar keempatnya berkonsultasi dengan tenaga medis. “Empat orang tersebut masih beresiko, bukan tahap mengkhawatirkan. Jadi saya suruh istirahat sejenak untuk menenangkan jiwa,” ungkapnya kepada Radar Lamsel usai melakukan Skrining kejiwaan atau kecemasan dadakan di Kantor Camat Natar, Kamis (12/9).

BACA :  Timbunan Pipa PDAM Amblas, Pengendara Terjerembab

Menurutnya, kegiatan yang memang diminta oleh dirinya kepada UPT Puskesmas Natar itu merupakan bentuk kekhawatiran dirinya terhadap keoptimalan pelayanan di instansi yang dipimpinnya. “Memang saya yang minta supaya menjadi contoh bagi pemerintahan desa bahwa melayani masyarakat harus dengan kejiwaan yang sehat,” tuturnya.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Natar dr Nessy Yunita mengatakan pihaknya sudah menyarankan agar empat orang tersebut segera berkonsultasi dengan tenaga medis. “Jadi metode skrining kejiwaannya menggunakan kuisioner, jika dari enam pertanyaan jawabannya iya maka harus konsultasi ke tenaga medis,” ungkapnya.

BACA :  Peduli Ambon dan Wamena, Santri Alfatah Galang Dana

Ia menambahkan, dalam pengisian kuisioner ia meyakini semuanya serius mengisi artinya tidak ada yang keliru. “Kalau menurut saya tidak ada yang keliru, tetapi intinya keempat orang ini hanya ada masalah saja, belum sampai depresi. Makanya kami sarankan konsultasi untuk memastikan,” ucapnya.

Nessy menjelaskan, selain skrining kejiwaan pegawai kantor camat juga dilakukan skrining HIV dan Aids. “Alhamdulillah semuanya negatif,” pungkasnya. (Kms)

BAGIKAN