Bersihkan Pungli Dilingkungan Pendidikan

269
Kepala Disdik Lamsel Thomas Americo.

Thomas: Tindak Tegas Oknum yang Coba-Coba Bermain

KALIANDA – Kepala Dinas Pendidikan (Disidk) Kabupaten Lampung Selatan Thomas Americo menyatakan siap menindak tegas oknum yang melakukan pungutan liar (Pungli) dalam memproses kelulusan sekolah atau penerimaan siswa baru (PSB) dilingkungan sekolah diwilayah Kabupaten Lampung Selatan.

          Untuk mengantispasi hal itu, Disdik Lamsel akan melayangkan surat imbauan ke semua Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang ada dikabupaten gerbang krakatau ini.

          Thomas mengatakan, pihaknya tidak membantah jika saat ini masih ada kabar-kabar tentang tindakan pungli baik kepada orang tua siswa ataupun siswa itu sendiri, saat akan memproses dokumen kelulusan dan juga saat penerimaan siswa baru (PSB).

BACA :  Pertengahan Oktober, 13 Kades Terpilih Disumpah

          “Itulah yang menjadi dasar kami (Disdik Lamsel, red) untuk melayangkan surat imbauan ke sekolah-sekolah, agar aksi yang melawan hukum tersebut tidak sampai terjadi disemua lingkungan sekolah diwilayah Lampung Selatan,” ujar Thomas Americo kepada Radar Lamsel, melalui sambungan telepon, Minggu (31/3) kemarin.

          Thomas menegaskan, dinas pendidikan Lampung Selatan tidak akan tebang pilih dalam menindak tegas terhadap pihak-pihak ataupun oknum nakal yang diketahui melakukan pungli di dunia pendidikan dikabupaten ini. Sebab menurutnya, hal itu bisa mencoreng nama baik dunia pendidikan dikabupaten ini.

          “Sudah jelas itu akan mencoreng dunia pendidikan kita (Lamsel, red). Untuk itu, kami akan tindak tegas oknum-oknum yang berani bermain-main dengan melakukan pungli di sekolah, ini khususnya bagi pihak sekolah sendiri,” tegasnya.

BACA :  PKS Diserbu Bakal Calon

          Dikatakannya, Ia tidak pernah bosan menyampaikan dalam setiap pertemuan dengan para guru, agar selalu berhati-hati dalam setiap mengambil tindakan, dan jangan pernah untuk coba-coba berurusan dengan hukum, khususnya menyangkut soal pungli di sekolah atau lain sebagainya.

          “Kita semua tentunya menginginkan dunia pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan ini bersih dari pungli, serta bisa lebih maju dan berkembang lagi dengan segudang prestasinya,” pungkas Thomas Americo. (iwn)

BAGIKAN