Besaran Penerima Dana PKH Alami Peningkatan

138
Foto Ilustrasi Berita PKH
GEDONGTATAAN – Besaran dana Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2019 ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut disesuaikan dengan item atau komponen bantuan yang diterima masing-masing kepala keluarga.

“Kalau tahun lalu besaran dana PKH untuk per keluarga mencapai Rp 1.890.000 untuk satu tahun yang dicairkan dalan 4 tahap,” ujar Kepala Dinas Sosial Pesawaran, Yulizar, Selasa (12/2).

Dikatakan, besaran dana PKH untuk setiap keluarga sifatnya bervariasi bergantung pada item bantuan yang diterima. Dimana pada 2019 bertambah dua item sehingga dana PKH dengan yang diterima jika memenuhi seluruh item mencapai  sekitar Rp 2.250.000.

BACA :  21 Tersangka Kasus Narkoba Berhasil Diamankan Satres Narkoba Polres Pesawaran

“Jumlah antar penerima bisa beda, bergantung komponen atau item bantuan. Misal komponen bantuan dalam PKH untuk ibu hamil, anak sekolah, dan ada lansia didalamnnya. Maka akan berbeda nilai bantuannya dengan keluarga yang tidak ada ibu hamil atau lansianya,” terangnya.

Menurutnya jika sebelumnya anak sekolah yang dicover melalui PKH hanya satu anak, namun pada 2019 ini semua anak sekolah yang ada di penerima PKH diberikan bantuan baik SD, SMP maupun SMA. “Untuk tri wulan pertama ini sudah mulai dicairkan oleh Bank,” katanya.

Lebih jauh mantan Sekretaris DPRD Pesawaran ini, pendamping PKH bertugas mengarahkan penerima agar bantuan yang diberikan pemerintah tepat sasaran. Dimana proses pencairan tidak melalui pendamping PKH melainkan ditransfer langsung ke rekening penerima. “Jangankan mampir (dana PKH) lewat PKH, bersentuhan langsung saja seperti Kartu PKH itu tidak boleh, apalagi mau mengondisikan,” tambahnya.

BACA :  Dua Desa Laksanakan Pilkades PAW

Bahkan lanjut Yulizar, pihak Bank pun tidak boleh melakukan pemotongan dengan alasan apapun termasuk biaya administrasi. “Sebenarnya Bank tersebut harus mencairkan dana PKH tanpa potongan dengan alasan apapun, rtinya harus sesuai SOP,” tutupnya. (Rus)

 
BAGIKAN