BMKG Perdiksi Musim Hujan Turun Oktober

12
Kepala BMKG Maritim Lampung Sugiyono, S.T.,S.Kom

KALIANDA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung memprediksi awal musim hujan di Provinsi Lampung akan jatuh pada Oktober mendatang. Musim hujan di Provinsi Lampung bakal bergilir dari satu kabupaten ke kabupaten yang lain hingga November.

Sementara itu, Kabupaten Lampung Selatan menjadi wilayah yang paling terakhir mengalami musim hujan. BMKG menjelaskan puncak musim hujan di Provinsi Lampung terjadi periode Januari-Februari 2020.

BACA :  26 Puskesmas Steril dari Ranitidin Berbahaya

“Awal musim hujan Oktober. Kemudian diikuti pada awal November 2019 secara merata,” ujar Kepala BMKG Maritim Lampung, Sugiyono, S.T.,M.Kom saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Senin (16/9).

Menyikapi musim kemarau yang masih berlangsung, BMKG meminta masyarakat agar waspada terhadap segala penyakit akibat debu, juga harus menghemat air dan waspada terhadap kemungkinan mudahnya terjadi kebakaran. “Ini yang sedang kita alami sekarang, kebakaran marak terjadi,” katanya.

BACA :  Dikawal Ratusan Orang, Enggung Sisir Tiga Parpol

Sementara untuk mempersiapkan musim hujan, BMKG meminta masyarakat bersama pemerintah daerah harus mempersiapkan kemungkinan terjadinya genangan, banjir, longsor, dan sebagainya.

“Pemerintah wajib mengecek dan menjaga talud. Saluran air dalam posisi yang bagus, kuat, serta tidak tersumbat. Supaya bencana hidrometeorologi dapat diminimalisir,” katanya. (rnd)

BAGIKAN