BRI Kanca Kalianda Gelar FGD II

0

Enny Fitrya : Tingkatkan Kinerja Karyawan BRI Melalui FGD, FPK dan Smart Competition

KALIANDA – Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan kinerja jajarannya di semua segmen supaya terus menjadi yang terbaik di bidang perbankan. Seperti kegiatan yang digelar BRI Cabang Kalianda bertajuk ‘Focus Group Discussion (FGD) II Tahun 2017’ di Grand Elty Krakatoa Kalianda, Sabtu (25/11) pekan lalu.

Pinca BRI Kanca Kalianda Enny FitryaFGD merupakan program rutin BRI yang digelar dua kali dalam kurun waktu satu tahun. Yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan di segala segmen bisnis, peningkatan pelayanan terhadap nasabah, fasilitas dan perlengkapan kantor, pelayanan e-chanel, e-banking BRI dan lainnya.

Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Kalianda Enny Fitrya yang langsung menyampaikan sosialisasi FGD II pemaparan Strategy Anti Fraud dan Brivolution BRI ini mengungkapkan, program FGD II Tahun 2017 yang digelar tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sejenis FGD I yang dilaksanakan pada Bulan Maret Tahun 2017 yang lalu.

Setelah itu, sepekan kemudian dilanjutkan dengan Forum Peningakatan Kinerja (FPK) yang dilaksanakan di Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa dan di lanjutkan tracking ke Gunung Anak Krakatau (GAK) yang wajib diikuti oleh seluruh karyawan BRI.

“Selain itu, kegiatan FGD ini untuk memberikan pemahaman atas kode etik perusahaan, tingkat kepuasan kepada change agent serta penilaian kepada para atasan perusahaan mulai dari jabatan AMOL, AMP, AMBM dan Pemimpin Cabang dalam bentuk kuesioner,” kata Enny disela kegiatan.

Dia menambahkan, diskusi dan sosialisasi tersebut merupakan pedoman yang wajib dilakukan oleh para karyawan dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Seperti halnya  pelaksanaan budaya kerja BRI yaitu Salam BRILIAN (Integrity, Profesionalism, Trust, Innovation dan Customer Centric).

“Setidaknya ada 20 tindakan budaya kerja yang wajib dilaksanakan oleh seluruh pekerja yang bergabung dalam BRI. Yang namanya wajib, semua pekerja harus menerapkannya setiap hari pada jam kerja,” imbuhnya.

Foto Adv 5Selain itu, dalam kegiatan FGD II BRI Kanca Kalianda tersebut para karyawan diberikan ilmu atau pemahaman dalam program yang disebut Manajemen Kelangsungan Usaha (MKU). Pada FGD II ini, mereka (karyawan’red) diajarkan menggunakan apar atau alat untuk memadamkan api. Itu dilakukan supaya karyawan bisa mengambil langkah cepat dan tepat apabila terjadi musibah kebakaran di kantor tempat mereka bekerja.

“FGD II ini kita melakukan praktek secara langsung jika terjadi kebakaran di kantor. Setiap tahun, MKU dilakukan disemua unit kerja BRI. Bahkan, tahun lalu kita lakukan praktek jika terjadi bencana gempa bumi dan banjir,” lanjutnya.

Yang tidak kalah menarik, dalam kegiatan FGD itu BRI Kanca Kalianda juga memberikan perlombaan dalam bentuk Smart Competition bagi para karyawan untuk meningkatkan skill produck knowledge para mulai dari jajaran Operasional Frontliner  mulai daricustomer serviceteller dan security. Selain itu, jajaran Marketing (AO) mulai dari posisi mantri dan FO juga terlibat dalam lomba layaknya asah trampil tersebut.

“Perlombaan smart competition ini dibagi dalam dua kategori, yaitu Boom Quiz  dan Smart Quiz. Pertanyaan pada Boom Quiz merupakan pertanyaan untuk masing-masing jabatan dua pertanyaan. Sedangkan Smart Quiz merupakan pertanyaan rebutan dari masing-masing jabatan. Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana para karyawan ini menguasai pekerjaannya sehari-hari,” terangnya.

Pada sesi smart competition ini diikuti oleh seluruh karyawan BRI yang ada di wilayah cakupan Kantor Cabang (Kanca) Kalianda yang terbagi menjadi 11 kelompok atau tim dari masing-masing unit BRI. Kekompakan dan keseruan terlihat jelas dari gelak tawa para peserta saat masing-masing kelompok atau tim memperkenalkan diri dengan yel-yel yang telah disiapkan.

Foto Adv 311 kelompok atau tim dari berbagai BRI Unit dibawah BRI Kanca Kalianda yang meramaikan kegiatan tersebut. Diantaranya adalah Tim Kanca Satu, Tim Kanca Dua, BRI Unit Kalianda, Unit Penengahan, Unit Bakauheni, Unit Sidomulyo, Unit Way Panji, Unit Palas, Unit Candipuro, Unit Sri Pendowo dan Unit Semarang Baru.

Dalam smart competition ini, setiap kelompok berlomba untuk menjadi tim terbaik untuk mendapatkan peringkat mulai dari juara I, II dan III. Setiap pemenang, BRI Kanca Kalianda memberikan penghargaan berupa uang tunai yang diberikan dalam bentuk kartu uang elektronik BRIZZI.

“Ini bentuk perhatian BRI kepada jajaran karyawannya. Tentu saja, karyawan terbaik berhak memperoleh penghargaan berupa uang tunai yang dimasukkan dalam produk BRI BRIZZI. Selain pemenang kuis, BRI Kanca Kalianda juga memberikan penghargaan bagi tim yang paling kreatif dalam menciptakan yel-yel tentang produk BRI,” pungkasnya. (adv)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel