Brugh…!!! Tiang Beton PLN di Kesuma Bangsa Roboh

263
Iwan J Sastra – Tiang beton jaringan PLN di Jalan Kesuma Bangsa Kalianda yang roboh menimpa bangunan pagar dan atap rumah milik warga setempat.

Warga Minta PLN Lakukan Pemeriksan Rutin Material Usang

KALIANDA – Warga di jalan Kesuma Bangsa Kalianda (karet, red) dikagetkan dengan suara dentuman keras sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (21/8) siang kemarin.

Diketahui, suara dentuman tersebut berasal dari tiang beton jaringan listrik milik PLN yang tertanam dipinggir Jalan Kesuma Bangsa, tepatnya di samping apotik Rajabasa Kalianda, roboh hingga menghancurkan bangunan milik warga setempat.

Atas kejadian tersebut, pagar tembok dihalaman rumah milik Heri dan bangunan gapura serta atap rumah bagian depan milik Erwan warga setempat menjadi ambruk dan hancur berantakan.

Beruntung, saat kejadian tidak ada satupun warga yang sedang melintas maupun berdiri disepanjang trotoar jalan sekitar lokasi robohnya tiang beton berukuran besar tersebut.

“Untung nggak ada orang yang sedang berdiri atau melintas di lokasi ini mas. Kalau tadi ada orang, wah nggak tau lagi deh pasti remuk kepala tertimpa tiang listrik ini,” ujar Kosim warga Kalianda yang ditemui Radar Lamsel dilokasi kejadian, kemarin.

BACA :  KPK Segel Aset Zainudin Ditiga Kecamatan

Sementara Erwan mengatakan, robohnya tiang jaringan listrik PLN tersebut disebabkan tali sling penahan tiang yang kondisinya sudah berkarat putus secara tiba-tiba. Padahal menurutnya saat kejadian cuaca angin sedang tenang.

“Tidak ada angin kencang kok. Robohnya juga secara tiba-tiba. Saya sampai kaget mas mendengarnya, suaranya keras sekali,” kata Erwan yang mengaku saat kejadian sedang berada didalam rumah.

Dengan adanya kejadian itu, warga meminta kepada pihak PLN Ranting Kalianda agar rutin melakukan pengecekan pada semua material jaringan listrik yang terpasang disepanjang jalan Kota Kalianda dan sekitarnya.

Permintaan itu untuk mengantisipasi, agar kejadian tiang listrik roboh seperti yang terjadi di Jalan Kesuma Bangsa Kalianda tidak kembali terulang.

“Iya saya lihat tadi tali sling nya memang sudah karatan. Bisa jadi semua tali sling yang terpasang ditiap-tiap tiang listrik kondisinya juga sama sudah karatan. Ini harus menjadi perahatian pihak PLN jangan sampai peristiwa seperti ini kembali terjadi di Kota Kalianda,” ungkap Irawan.

BACA :  CPNS Lamsel Lolos Passing Grade Hanya 177 Peserta

Sementara itu, Supervisor Teknik PLN Kalianda Arif mengaku, robohnya salah satu tiang jaringan listrik di Jalan Kesuman Bangsa Kalianda, itu disebabkan oleh faktor alam.

“Iya mas benar ada satu tiang yang roboh, biasalah karena faktor alam. Kami sudah menerjunkan petugas ke lokasi untuk melakukan perbaikan,” ucap Arief kepada Radar Lamsel saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Dikatakannya, pihak PLN siap untuk melakukan ganti rugi kepada warga yang bangunan rumahnya tertimpa tiang listrik tersebut. “Ini sebenarnya bukan atas kesengajaan atau kelalaian petugas, namun murni faktor alam penyebabnya. Makanya kami selaku pihak PLN hanya bisa melakukan ganti rugi atas bagunan yang rusak,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN