Buka 4 Musrenbang dalam Sehari, Zainudin Serap Aspirasi

483

MERBAUMATARAM – Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum., melipat jarak dengan membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di empat kecamatan dalam waktu sehari, dimulai dari Kecamatan Candipuro, Sidomulyo, Katibung dan berakhir di Merbau Mataram, Selasa (6/2) kemarin.

Dengan semangat dan stamina yang kuat putra daerah asal Desa Pisang Kecamatan Penengahan itu memulai start Musrenbang dari Kecamatan Candipuro, disana ia membagikan 10 ribu sertifikat Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada warga Candipuro.

Zainudin memaparkan untuk tahun 2018 Pemkab Lamsel menggelontorkan anggaran sekitar Rp 30 miliar lebih untuk Kecamatan Candipuro. Anggaran tersebut kata dia meningkat sebesar 20 persen dari tahun 2017 yang nominalnya berkisar Rp 27 miliar lebih.

“Tahun ini meningkat 20 persen, saya berjanji untuk infrastruktur utamanya perbaikan jalan terus kami kebut. Tentunya sesuai dengan harapan masyarakat, jangan sampai pembangunan tak tepat sasaran seperti yang sudah-sudah,” paparnya, Selasa (6/2).

Dari Candipuro Ketua DPW PAN Lampung itu bergeser menuju Kecamatan Sidomulyo, kehadirannya sudah ditunggu sekitar 2 ribu orang untuk membuka Musrenbang dan meresmikan Gedung Serba Guna (GSG) Betik Hati.

BACA :  26 Puskesmas Steril dari Ranitidin Berbahaya

Zainudin mengatakan cara kerjanya memang sedikit berbeda dari pemimpin sebelumnya. Ia beranggapan kalau bisa dipercepat mengapa diperlambat? Kalau bisa dipermudah kenapa mesti dipersulit.

“Maka ketika Musrenbangcam yang semula satu hari satu kecamatan, saya rubah. Satu hari menjadi empat kecamatan yang mengadakan Musrenbangcam,” ujarnya dihadapan warga Kecamatan Sidomulyo, dilapangan Desa Sidorejo, Selasa (6/2) kemarin.

Ba’da Dzuhur, Zainudin beserta jajarannya langsung bertolak menuju Kecamatan Katibung. Sama seperti Candipuro dan Sidomulyo di Katibung lelaki dengan jambangnya yang khas itu juga sudah ditunggu warganya, disana Zainudin juga bagi-bagi sepeda untuk warga yang berhasil menjawab pertanyaan darinya.

Zainudin mengungkapkan kebanggaannya dengan sambutan yang diberikan oleh warga Katibung. Ia juga tak lupa menjabarkan visi pembangunannya selama ini. Dikatakannya selama masa kepemimpinannya Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) Lamsel baru yang kedua kali di tahun 2018 ini.

BACA :  Anggapan Cacat Prosedur sulut KTNA Lamsel

“Saya berkomitmen untuk memenuhi janji kampanya saya sebelum menjadi Bupati, diantaranya meningkatkan infrastruktur jalan. Kemudian Raskin gratis juga orang yang sakit gratis naik ambulance,” paparnya.

Selesai di Katibung, orang nomor satu di Lamsel itu mengakhiri perjalanan Musrenbang seharinya di Kecamatan Merbau Mataram. Dia menjabarkan tahun 2018 Merbau Mataram digelontorkan anggaran yang nominalnya hampir menembus angka Rp 46 milyar. Angka tersebut mengalami peningkatan dari tahu lalu yang menyentuh angka Rp 25 milyar.

“Maka kembali kami tegaskan komitmen Pemkab Lamsel untuk benar-benar membangun Lampung Selatan. Kita rubah pola APBD yang selama ini tidak tepat sasaran. Itulah pentingya pemimpin terjun langsung ke masyarakat agar tahu apa keinginan mereka (warga ‘red),” ungkapnya

Usai bertatap muka dengan ribuan warganya, Zainudin juga membagikan doorprize bagi masyarakat yang bisa menjawab pertanyaannya. (ver)

BAGIKAN