Bulan Ramadhan Momentum Saling Berbagi

137
Foto Ilustrasi

GEDONGTATAAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran bersama Baznas setempat menjadikan bulan Suci Ramadhan sebagai momentum untuk saling berbagi kepada anak yatim dan kaum dhuafa. Sebanyak 880 anak yatim dan 1480 kaum dhuafa di 11 kecamatan akan diberikan santunan oleh pemda setempat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat Sekretariat Pemda Pesawaran, A. Razak mengatakan, penyerahan santunan tersebut akan dilaksanakan pada kunjungan tim safari ramadhan pemda Pesawaran di seluruh kecamatan.

“Insya Allah safari ramadhan pemkab hari pertama akan digelar pada Selasa (7/5) di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau, dan akan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati, Sekda dan jajaran,” ungkap Razak kemarin.

Dikatakan, pada safari ramadhan pemda Pesawaran nantinya, untuk satu kecamatan masing-masing 80 anak yatim dan 10 kaum dhuafa untuk setiap desa dalam satu kecamatan akan diberikan santunan.

“Seperti di Kecamatan Gedongtataan ada 19 desa, maka ada 190 kaum dhuafa. Dan untuk anak yatimnya sebanyak 80 orang akan diberikan santunan,” ucapnya.

Selain santunan kepada anak yatim dan dhuafa, lanjut mantan Sekretaris Dinas PU ini, pemda Pesawaran juga akan memberikan bantuan sarana ibadah dan uang ke Masjid yang dikunjungi tim safari ramadhan pemda. Dimana bantuan uang, sarana ibadah dan santunan anak yatim dianggarkan dari APBD Pesawaran TA 2019.

“Memang kegiatan rutin tahunan pemda, dan penyerahannya pada momentum bulan puasa,” jelasnya.

Sedangkan bantuan dari Baznas yang akan digulirkan pada saat safari ramadhan sama dengan program tahun sebelumnya. Yakni program berkat (bedah rumah layak sehat) dan berkah (beras sedekah).

“Nanti bantuan berkah, akan dikonversi dalam bentuk uang tunai karena untuk efektifitas. Kalau warga dari kepulauan dan desa yang ujung kasihan mereka, makanya bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang tunai,” pungkasnya. (Esn)

BACA :  Baznas Pesawaran Salurkan Bantuan Kepada Pelajar Berprestasi dan Tidak Mampu
BAGIKAN