Bumi Daya Jaring Bakal Calon PAW Kades

844
Shofyan Apriyansyah – Camat Palas Bibit Purwanto, S.P didampingi Pj. Kades dan ketua BPD Desa Bumi Daya, ketika mensosialisasikan perturan pemrintah tentang desa terkait PAW kades dibali desa setempat kemarin.

PALAS – Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas melakukan rembuk pekon persiapan pemilihan pejabat Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepala Desa. Kegiatan yang dipusatkan di balai desa setempat itu, dihadiri Camat, Pj Kades, BPD dan masyarakat setempat, Senin (4/4).
Tujuannya, untuk mengisi kekosongan jabatan kades agar roda pemrintahan desa berjalan dengan baik sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) No. 112 Tahun 2014, tetang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).
Proses rembuk pekon saat ini baru dalam tahap persiapan untuk melakukan proses penjaringan bakal calon. Selanjutnya, proses pemilihan dilakukan dengan cara pemungutan suara untuk menetapkan calon PAW Kades.
Plt. Camat Palas Bibit Purwanto, S.P mengatakan, proses rembuk pekon untuk menetapkan PAW Kades sesuai dengan peraturan yang ada. Menurut Bibit, kekosong jabatan Kades harus segera diisi karena menyangkut masyarakat desa dan pembangunan guna kemajuan desa.
“Sebelum dimulainya pemilihan Kades definitif oleh desa, kekosongan jabatan Kades harus diisi dengan PAW Kades. Agar roda pemerintahan desa bisa berjalan baik,” kata Bibit.
Bibit menambahkan, proses pemilihan atau penjaringan bakal calon PAW Kades harus dilakukan melalui proses dan tahapan yang sesuai dengan peraturan pemerintah tentang desa. “Namun metode pemilihan harus sesuai dengan peraturan pemerintah,” kata Bibit.
Sementara, Hendro (61) warga setempat mengatakan, keinginan warga desa adalah, dilakukannya penjaringan calon PAW Kades tujuannya agar warga bisa memilih sesuai dengan hati nurani demi kemajuan desanya.
“Maunya warga dilakukan tahap penjaringan calon PAW Kades. Agar warga yakin akan pemimpin demi kemajuan warga dan desa,” kata Hendro. (CW2).

BACA :  BKD: Tanpa Honorer Kantor Sepi!
BAGIKAN