Bumisari Masuk Kategori Desa Mandiri

3
Kemas Yogi - Sharing dan tanya jawab antara warga dengan Pemerintah Kecamatan Natar dan Desa Bumisari disela pelaksanaan Musrenbangdes tahun anggaran 2020, Kamis (7/11).

NATAR – Dalam beberapa tahun terakhir penilaian desa mandiri terus dilakukan, khusus di Kecamatan Natar ada dua desa yang masuk dalam kategori mandiri. Itu dikuatkan oleh Indeks Desa Membangun (IDM) yang dikeluarkan oleh Kementrian Desa Republik Indonesia.

Salah satunya adalah Desa Bumisari yang pada 2005 lalu memiliki predikat desa swadaya madya nama lain dari mandiri pada masa itu.

Menurur Pendamping Lokal Desa (PLD) Bumisari, Endar, masuknya bumisari sebagai desa mandiri ditinjau dari beberapa indikator diantaranya adalah Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL), Indeks Ketahanana Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Sosial (IKS). “Banyak faktor yang menunjang Desa Bumisari sebagai desa mandiri itu, salah satunya juga tingginya perkembangan usaha baik kecil, menengah dan besar di desa ini,” ucapnya kepada Radar Lamsel, Kamis (7/11) sembari mengatakan keberadaan exit tol Natar juga ikut mendorong.

BACA :  Padepokan Negara Ratu Segel Juara Umum Kejuaran IPSI

Disamping itu sambung dia, stabilnya keuntungan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setiap tahun menjadi salah satu indikator lainnya. “Tahun ini saja PADes dari BUMDes itu Rp 81 juta, memang kecil untuk kelas desa mandiri tetapi sudah cukup baik,” kata dia.

BACA :  Sidak Proyek, Komisi III Beri Catatan

Sementara itu Camat Natar Eko Irawan mengaku sangat mengapresiasi prestasi Desa Bumisari dalam hal apapun, bahkan desa itu dinobatkan sebagai yang terbaik ke-6 se Kabupaten Lamsel dalam hal apapun. “Untuk level natar saya yakin desa ini jadi pedoman dan patokan, khususnya dibidang BUMDes banyaķ desa yang perlu belajar,” tuturnya.

Menyikapi hal itu Kades Bumisari H Supriono mengaku tidak pernah mempersiapkan desanya sebagai desa mandiri. “Saya kira semua dijalankan dengan apa adanya, memang ada beberapa inovasi kami yang jadi contoh salah satunya Car Free Day,” pungkasnya. (Kms)

BAGIKAN