Bupati Dendi Pimpin Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke-73

84
FOTO IDRUS (HL) - Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona saat menyerahkan piagam penghargaan kepada personil Kepolisian yang berprestasi.
GEDONGTATAAN – Kepolsian Resort Pesawaran memberikan penghargaan kepada sejumlah personil yang sudah memasuki purna bhakti, personil berprestasi serta penghargaan kepada masyarakat yang telah membantu Polri. Pemberian penghargaan tersebut diserahkan pada upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-73 yang dipusatkan di lapangan Tri Tura Kecamatan Kedondong.

Sejumlah personil yang mendapat penghargaan yang didasarkan atas Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Lampung Nomer : Kep/228/V/2019 diantaranya personil yang purna bhakti yakni Aiptu Ahwan B Syahban. Kemudian pemberian penghargaan kepada personil yang berprestasi yakni Bripka Lutfi aziz Bhabinkamtibmas Desa Wiyono & Desa Taman Sari Kecamatan Gedongtataan Polsek Gedongtataan atas terbaik pelaporan bhabin ke 1 sebanyak 1011 Kegiatan, Brigpol Cahyo Wisnu,  Bhabinkamtibmas Desa Kebagusan dan Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong tataan Polsek Gedongtataan, terbaik pelaporan bhabin ke 2 sebanyak 827 Kegiatan. Serta pemberian penghargaan kepada masyarakat yang telah membantu Polri yakni Kiki Latif yang telah membantu tugas kepolisian ungkap kasus dan pencegahan masalah kriminalitas di wilayah Kecamatan Tegineneng.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan inspektur upacara Dendi Ramadhona menyampaikan 5 pedoman yang harus dilaksanakan seluruh personil Polri dalam menjalankan tugas yakni untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

BACA :  Gunakan Kapal Pelra, Dinas Perhubungan Berlakukan Tarif Gratis Bagi Warga Kepulauan

Kedua mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Kemudian pedoman ketiga untuk terus meingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat,secara konsisten dan berkelanjutan.

Selanjutnya pedoman keempat meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. “Serta perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI,Kementerian atau Lembaga, Pemerintah  Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri,” ujar Dendi saat membacakan amanat Presiden RI pada upacara HUT Bhayangkara ke-73, Rabu (10/7).

Dikatakan, kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019. “Sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.  Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman,” jelasnya.

BACA :  Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Dukung Program Jum'at Menanam

Lebih jauh Dendi menyampaikan bahwa Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional; kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber. Termasuk dalam menindak kejahatan tindak pidana korupsi. Dimana sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun. 

“Dengan berbagai capaian tersebut, kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus  meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks,” tandasnya. (Rus)

BAGIKAN