Bupati Dendi Tinjau Korban Banjir

242

TELUK PANDAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi jajaran meninjau ratusan rumah yang terdampak banjir di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Senin (12/03).

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan segera melakukan normalisasi sungai diwilayah Kecamatan Teluk Pandan, khususnya di Desa Sukajaya Lempasing untuk mencegah terjadinya banjir kembali.

“Ini merupakan musibah yang tidak terduga atau bencana alam. Pemkab Pesawaran telah melakukan langkah dengan mendata, memberikan bantuan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir dan akan segera melakukan normalisasi tiga sungai di Kecamatan Teluk Pandan,” ujarnya, usai meninjau dan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya ambrol diterjang banjir.

Sementara, Camat Teluk Pandan, M Yuliardi menyampaikan, akibat hujan yang mengguyur pada Sabtu (10/03) lalu membuat sungai Way Balak meluap dan merendam ratusan  rumah di Dusun 3 Desa Sukajaya Lempasing yang mencapai ketinggian hingga setengah meter.

“Air hanya lewat akibat luapan sungai Way Balak, dan sekitar 300 rumah tergenang akibat luapan air sungai tersebut,” ungkap M Yuliardi, kemarin.

Dikatakan, meluapnya sungai Way Balak dikarenakan terdapat 6 sungai kecil yang bermuara di sungai Way Balak. Dan, surah hujan yang tinggi mengakibatkan air dilairan sungai Way Balak meluap dan merendam rumah warga.

“Sejumlah titik diwilayah Kecamatan Teluk Pandan mengalami longsor dan beberapa pohon tumbang, namun tidak ada korban jiwa. Kalau tanah longsor di Dusun IV Sukajaya Lempasing dan Desa Muncak akibat curah hujan yang cukup tinggi,” tandasnya. (Esn)

BAGIKAN