Calon Kades Dari 80 Desa Akan Gelar Deklarasi Damai

9
Ilustrasi Berita
GEDONGTATAAN – Seluruh calon kepala desa dari 80 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Pesawaran akan menggelar deklarasi damai pada 25 September di GSG Pemda Pesawaran.
 
“Ya, nanti mereka (Calon kades) akan deklarasi damai. Insya Allah nanti akan dihadiri Bapak Bupati,” ungkap Kepala Bagian Pemerintah Desa Sekretariat Pemda Pesawaran, Isroni Mihradi pada Kamis (19/9).
 
Dijelaskan, selain dihadiri seluruh calon kepala desa dari 80 desa yang menggelar pilkades. Deklarasi damai tersebut juga akan dihadiri seluruh panitia pilkades, para camat dan OPD terkait.
 
“Intinya ikrar mereka untuk menyelenggarakan pilkades yang aman, kondusif dan damai,” jelasnya.
 
Dikatakan, untuk tahapan verifikasi dan penetapan DPT sudah dilaksanakan. Dan selanjutnya tinggal menunggu tahapan kampanye akbar yang akan dimulai pada 15 sampai 17 Oktober mendatang.
 
“Kalau penetapan DPT sudah selesai, tinggal menunggu 15 sampai 17 Oktober tahapan kampanye akbar. Secara teknis nanti melalui panitia pilkades,” ucapnya.
 
Usai tahapan kampanye, dilanjutkan dengan masa tenang pada 18 sampai 20 Oktober. Kemudian pemilihan kepala desa atau pencoblosan jatuh pada 21 Oktober. Dimana pada masa tenang, semua atribut kampanye, baleho dan spanduk harus sudah steril di 80 desa tersebut.
 
“Harus dicopot semua atribut berkaitan dengan calon kepala desa. Nah, tentunya pada hari H nanti kita libatkan pihak aparat untuk pengamanan jalannya pilkades dan juga pengawasan dengan melibatkan OPD,” pungkasnya. (Rus)
BACA :  4 Balon Bupati dan 7 Balon Wakil Bupati Daftar di Golkar
BAGIKAN