Camat Himbau Warga Lakukan Jumantik

120
Ilustrasi

TANJUNG SARI – Kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) menjadi perhatian khusus Pemerintah Kecamatan Tanjungsari. Untuk menekan dan mencegah penyebaran penyakit DBD diwilayah itu, Camat Tanjungsari Rahmad Hadi mengintruksikan seluruh Kepala Desa (Kades) dan jajaran Puksesmas untuk melakukan juru pemandu jentik (Jumantik) setiap hari.

Ia juga meminta seluruh RT/RW agar membersihkan lingkungan secara rutin. “Saya sudah instruksikan agar Jumantik setiap hari. Kami juga mengimbau baik secara tertulis maupun lisan untuk melakukan Jumantik mandiri,” kata dia kepada Radar Lamsel, Selasa (9/4).

BACA :  Kasus DBD Meningkat, Puskesmas Lakukan Foging dan Sosialisasi

Jumantik mandiri setidaknya dilakukan minimal satu pekan sekali dengan membersihkan lingkungan. Para kades juga diminta membuat surat edaran untuk sekolah dan gedung sekitar untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Lalu memberikan Abate kepada masyarakat, Puskesmas dengan melakukan Pemeriksaan Endemik (PE),” papar Rahmad.

PE bertujuan untuk mengetahui lingkungan terdapat nyamuk DBD atau tidak. Ia menyebut, DBD biasanya banyak terjadi dilokasi padat penduduk. “Seluruh desa harus waspada, meski daerah padat penduduk lebih mudah terserang DBD,” tuturnya.

BACA :  Tarif Pelayanan Kesehatan Naik

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Tanjung Sari Bambang Kurniawan menyampaikan pihaknya juga sudah melakukan banyak tindakan untuk mengantisipasi virus DBD itu. “Alhamdulillah semua bentuk antisipasi telah kami lakukan, sebaran DBD juga minim,” ucapnya. 

Ia berharap, warga juga proaktif dalam menjaga lingkungan agar tidak mudah terserang penyakit. “Bukan cuma DBD, tetapi sebaran penyakit lain juga harus dihindari,” pungkasnya. (kms)

BAGIKAN