Camat Minta Penggunaan DD dan ADD Transparan

210
Kemas Yogi - Kondisi Balai Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung yang memprihatinkan padahal hanya berjarak 2 Km dari Kota Bandar Lampung.

TANJUNG BINTANG – Pemerintah desa di Kabupaten Lampung Selatan mulai mencairkan dana desa (DD) tahap pertama tahun ini.

Plt. Camat Tanjung Bintang Hendry Hatta menghimbau agar semua Kepala Desa di Kecamatan Tanjung Bintang agar transparan dalam menggunakan APBDes serta tidak kaku dalam berkomunikasi dengan semua pihak. Hal itu disampaikannya disela kegiatan Bimtek PKK, Senin (29/4). 

Ia juga berharap, Kades mempublikasikan semua program-programnya ke masyarakat desa agar masyarakat paham dan tahu digunakan untuk apa Dana Desa (DD) tersebut. “Masyarakat harus tahu, digunakan untuk apa Dana Desa itu, kalau perlu di publikasikan di media,” katanya.

BACA :  Kecamatan Tanjung Bintang 100 Persen ODF

Ia mengatakan, Dana Desa dan Alokasi Dana Desa seharunya memang bukan untuk mensejahterahkan kades tetapi untuk masyarakat. “Tujuan Dana Desa kan kita sudah tahu semua, jadi kenapa harus ragu untuk mempublikasikannya,” tuturnya.

Disamping itu, dia mengaku semua warga juga harus mengetahui semua kegunaan Dana Desa serta dilibatkan dalam setiap realisasi anggarannya. “Saat perencanaan masyarakat harus libatkan, saat realisasi juga dilibatkan, jadi semua mengetahui untuk apa saja Dana Desa,” terangnya.

BACA :  Berharap TNI Semakin Dicinta Rakyat

Ia menambahkan, Warganya harus proaktif mengingatkan jika penggunaan dana desa tidak sesuai dengan perencanaan. “Pengawasan juga masyarakat saya minta proaktif, sehingga ada kontrol juga bagi kades dalam menggunakan Dana Desa,” pungkasnya.(kms)

BAGIKAN